Kontestan Pilkada Jabar periksa kesehatan di RSHS Bandung

Kamis, 11 Januari 2018 | 10:32 WIB Sumber: Kompas.com
Kontestan Pilkada Jabar periksa kesehatan di RSHS Bandung

ILUSTRASI. Tb Hasanuddin - Anton Charliyan


PILKADA - JAKARTA. Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jalan Dr Djundjunan, Kamis (11/1/2018) pagi. 

Pemeriksaan berlangsung sejak pukul 07.00 WIB hingga siang nanti. Menurut tim dokter RHSH Bandung, pemeriksaan akan memakan waktu lima hingga enam jam.

Dari pantauan Kompas.com, para pasangan bakal calon (balon) datang secara bergantian. Dedi Mulyadi menjadi calon yang data paling awal, disusul pasangan Sudrajat-Saikhu. Deddy Mizwar mengenakan pakaian olahraga.

Duet Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum datang dengan berbusana lebih kasual dengan paduan kaus polo. Sementara pasangan Tubagus Hasanudin dan Anton Charliyan datang paling akhir.

Seperti diketahui, pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) menyiapkan 130 tenaga medis dalam pemeriksaan kesehatan pasangan balon pada Pilkada Jawa Barat 2018.

"Kami siapkan 130 orang tenaga medis. Itu termasuk 50 dokter spesialis dengan 10 bidang, yakni saluran pencernaan, penyakit dalam, jantung, paru-paru, bedah neurologi, kesehatan jiwa, mata, dan THT," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSHS Bandung, dr Nucki Nursjamsi, yang ditemui di RSHS Bandung, Kota Bandung, Rabu (10/1/2018).

Secara umum, pemeriksaan meliputi tiga hal, yakni kesehatan umum dilakukan oleh dokter spesialis, tes narkoba dilakukan oleh BNN dan IDI, sedangkan untuk kesehatan mental psikologi dilakukan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Menurut Nucki, pemeriksaan bakal dilakukan dari tanggal 11 sampai 15 Januari 2018. Nantinya setiap pasangan akan menghabiskan waktu selama lima hingga enam jam. 

"Seharinya pemeriksaan bakal dilakukan dari pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Itu kalau paslon tidak telat," kata dia.

Artikel ini tayang di Kompas.com berjudul Kontestan Pilkada Jabar Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSHS Bandung

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru