NASIONAL
Berita
Konsumsi masyarakat topang pertumbuhan ekonomi

PERTUMBUHAN EKONOMI

Konsumsi masyarakat topang pertumbuhan ekonomi


Telah dibaca sebanyak 913 kali
Konsumsi masyarakat topang pertumbuhan ekonomi

JAKARTA. Perekonomian Indonesia selama kuartal I 2012 tumbuh sebesar 6,3%. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi kuartal I 2012 ini naik sebesar 1,4% bila dibandingkan dengan kuartal IV 2011 lalu.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, pertumbuhan ekonomi selama Januari- Maret 2012 masih ditopang oleh konsumsi masyarakat. Kontribusi masyarakat sebesar 2,8%. Selanjutnya disusul oleh Pembentukan Modal Tetap Bruto (investasi) sebesar 2,3%.

Yang terendah adalah belanja pemerintah. Kontribusi belanja pemerintah hanya sebesar 0,4%. Sisanya disumbang dari ekspor.

Dilihat dari sektoral, pertumbuhan paling tinggi dicapai oleh sektor pengangkutan dan komunikasi. "Sektor pengangkutan dan komunikasi tumbuh 10,3%," katanya, Senin (7/5).

Selanjutnya disusul oleh sektor perdagangan, hotel dan restoran. Sektor ini tumbuh sebesar 8,5%. Lalu sektor konstruksi sebesar 7,3%.

Editor: Edy Can
Telah dibaca sebanyak 913 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Risiko berbeda, premi tiap daerah seharusnya berbeda juga

    +

    Dalam uji coba pertama, Jasindo mengkover 600 hektare (ha) lahan dengan biaya premi Rp 100 juta.

    Baca lebih detail..

  • Agar sukses, perlu insentif bagi penyuluh lapangan

    +

    Program asuransi pertanian menjadi salah satu upaya pemerintah untuk melindungi petani dari efek perubahan iklim. Hanya saja masih banyak kekurangan yang ditemui, seperti kurangnya sosialisasi dan tidak adanya insentif bagi penyuluh pertanian lapa

    Baca lebih detail..