kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kempar gandeng Accor kembangkan bisnis perhotelan


Kamis, 15 Oktober 2015 / 17:23 WIB
Kempar gandeng Accor kembangkan bisnis perhotelan


Sumber: Antara | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Kementerian Pariwisata (Kempar) menggandeng Accor Group dalam upaya mengembangkan dunia perhotelan di Indonesia agar kinerja sektor pariwisata semakin meningkat, sehingga mampu menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanah Air.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara dan Chief Operating Officer (COO) AccorHotels untuk Indonesia, Malaysia dan Singapura, Garth Simmons disaksikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Kamis (15/10).

"Kemitraan strategis dengan para pemangku kepentingan pariwisata, termasuk dengan para pelaku bisnis pariwisata di bidang perhotelan seperti AccorHotels harus terus ditingkatkan," kata Arief Yahya.

Menurut dia, hal itu penting untuk meningkatkan kinerja pariwisata serta pencapaian target kunjungan wisman tahun ini sebanyak 10 juta orang dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 255 juta perjalanan.

Hal itu sekaligus sebagai upaya untuk mencapai target 20 juta wisman dan 275 juta pergerakan wisnus pada lima tahun ke depan.

"Keunggulan dalam harga atau price competitiveness dan natural tourism digital demand menjadi PR kita bersama agar dapat dijadikan sebagai kekuatan dalam memenangkan persaingan global," kata Arief Yahya.

Lebih lanjut Arief Yahya menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah menggalang kemitraan dengan berbagai pihak di antaranya dengan AccorHotels.

MoU tersebut misalnya merupakan penyempurnaan dari MoU sebelumnya yang telah ditandatangani pada 2012. "Program kemitraan kami dengan AccorHotels sebelumnya telah memberikan hasil positif," lanjut Arief Yahya.

Ia mencontohkan, beberapa program kerja sama yang disepakati dalam MoU antara lain program edukasi media dan pameran wisata di Singapura dan Malaysia untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia, promosi Pesona Indonesia pada online portal AccorHotels.com maupun sosial media lainnya.

Selain itu, kerja sama menyelenggarakan serangkaian turnamen Wonderful Indonesia Le Club AccorHotels.com Golf Tournaments 2015-2016 yang sedang berlangsung di Batam, Bali, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan dan Bandung.

Turnamen golf tersebut tahun lalu diikuti 600 pemain dari berbagai negara, sedangkan tahun ini diperkirakan akan diikuti 1.000 pemain golf internasional.

Pada MoU sebelumnya, program kerja sama antara lain berupa penyediaan kanal khusus Indonesia di www.accorhotels.com/explore-indonesia, menyelenggarakan gathering agen-agen wisata Eropa di Bali agar menjual destinasi wisata Indonesia di negara mereka masing-masing, perhelatan akbar merayakan Tahun Baru Imlek 2015 di Solo-Semarang, serta menggencarkan pameran wisata Indonesia ke negara-negara Timur Tengah.

Garth Simmons mengatakan, AccorHotels yang memiliki 100 hotel di seluruh Indonesia, hotel ke-100 di Makassar pekan lalu baru dibuka dan siap untuk memberikan dukungan dalam penyediaan akomodasi para wisatawan dan juga penyerapan tenaga kerja.

"Hampir seluruh program kerja sama AccorHotels dirancang untuk mendukung kemajuan industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia. Salah satu kolaborasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini adalah perhelatan Indonesia Food Festival di Singapura yang berlangsung 21 Oktober sampai 14 November 2015. Para juru masak atau chef dari Indonesia didatangkan untuk memberikan cita rasa otentik masakan Nusantara di salah satu hotel di Singapura, katanya.

AccorHotels merupakan grup hotel internasional yang memiliki 3.800 hotel dan tersebar di 94 negara, di antaranya di Indonesia.

Jaringan hotel ini memiliki 180.000 tenaga kerja dan sebagai chain hotel internasional, AccorHotels memiliki infrastruktur digital yang kokoh di antaranya berupa AccorHotels.com yang dikunjungi 170 juta orang per tahun, 1 reservasi setiap 2 detik yang tersedia dalam 18 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×