kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkeu buka lowongan sampai 2.880 formasi CPNS


Rabu, 06 September 2017 / 13:11 WIB
Kemenkeu buka lowongan sampai 2.880 formasi CPNS


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Kementerian Keuangan merupakan Kementerian/Lembaga yang membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) terbanyak, yakni 2.880 formasi.

Dikutip dari laman kemenkeu.go.id, sebanyak 8 unit eselon I yang membutuhkan pegawai baru.

Yakni Sekretariat Jenderal (Setjen), Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea Cukai, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko, Badan Kebijakan Fiskal, dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, beberapa jabatan yang membutuhkan pegawai baru, seperti Analis Berkas Sengketa, Analis Data Ekonomi Makro, Analis Kebijakan APBN, Analis Kebijakan Keuangan Inklusif, Analis Kebijakan Pajak, Analis Seleksi dan Penempatan Beasiswa, Pelelang, Pengelola Kekayaan Negara, Pengolah Data Penagihan Pajak, dan puluhan jabatan lainnya.

Adapun jabatan pengelola data pelayanan perpajakan Dirjen Pajak paling banyak membuka lowongan, yakni 545 formasi.

Masih dari unit eselon I yang sama, jabatan pengolah data dan penagihan pajak juga membuka sebanyak 398 formasi.

Kemudian jabatan pengolah data pemeriksaan pajak membuka 325 formasi. Dirjen Bea Cukai dengan jabatan pengelola terjemahan dan kerja sama membuka banyak lowongan, hingga 119 formasi CPNS.

Sedangkan untuk latar belakang pendidikan rekrutmen CPNS di Kemenkeu banyak membutuhkan lulusan Ilmu Ekonomi, Hukum, Akuntansi, Statistika, Ilmu Hubungan Internasional, Perpajakan, dan lain-lain.

Kriteria pelamar CPNS Kementerian Keuangan adalah pelamar umum, lulusan terbaik atau cumlaude dari perguruan tinggi terakreditasi A, penyandang disabilitas (mampu melihat, mendengar, membaca dengan baik), serta putra putri Papua dan Papua Barat.

Pelamar yang merupakan lulusan Magister atau S2 memiliki IPK minimal 3,00 dari skala 4,00. Kemudian pelamar yang merupakan lulusan S1, memiliki IPK minimal 2,75 dari skala 4,00. Ketentuan yang sama juga berlaku bagi lulusan DIII.

Sedangkan persyaratan dari sisi usia, dihitung berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah per tanggal 1 September 2017.

Pendaftar dari Magister minimal berusia 18 tahun dan maksimal 30 tahun, pendaftar dari S1 minimal berusia 18 tahun dan maksimal 28 tahun, dan pendaftar DIII berusia minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun.

Tata Cara Pendaftaran

Informasi mengenai lowongan CPNS sudah dapat diakses mulai Selasa (5/9) pukul 23.00 di Situs Kementerian PAN-RB, www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs Kementerian/Lembaga terkait.

Kemudian pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscn.bkn.go.id/ mulai tanggal 11-25 September 2017 dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP/Kartu Keluarga dan nomor KK.

Setelah memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email, pendaftar harus segera melakukan aktivasi dan melakukan pendaftaran online di website https://rekrutmen.kemenkeu.go.id/ minimal 24 jam setelah aktivasi dilakukan pada periode 11-25 September 2017.

Saat mendaftar online, pendaftar juga diminta mengunggah soft file berjenis PDF untuk scan ijazah, scan transkrip nilai, scan ijazah dari SD hingga SMA, surat akta kelahiran, fotokopi KTP, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan setempat khusus untuk pendaftar dari Papua/Papua Barat.

Saat mengambil Tanda Peserta Ujian (TPU), pendaftar harus membawa berkas asli seluruh persyaratan tersebut.

Seleksi dan Pelaksanaan Tes 

Untuk pendaftar dari S1 dan Magister, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui. Yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dengan metode computerized assisted test (CAT), psikotes online, tes kesehatan dan wawancara.

Seleksi yang sama juga untuk pendaftar dari DIII. Namun ada beberapa jabatan yang bobot tes kesehatan dan tes kebugaran mencapai 100 persen.

Lokasi rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan dilaksanakan di Medan, Yogyakarta, Jakarta, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi pada 3 Oktober 2017 melalui website https://rekrutmen.kemenkeu.go.id/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×