KEK Tanjung Lesung diresmikan 23 Februari

Rabu, 18 Februari 2015 | 22:11 WIB   Reporter: Hendra Gunawan
KEK Tanjung Lesung diresmikan 23 Februari

ILUSTRASI. Ikan Steam Bawang Putih termasuk masakan Tionghoa yang menyehatkan karena tanpa tepung sama sekali


SERANG. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menyatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang siap diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Februari 2015.

"Insya Allah beliau pak Presiden akan datang untuk meresmikan KEK Tanjung Lesung. Kepastiannya ya 80% lah beliau akan hadir," kata Rano Karno saat melakukan kunjungan kerja ke Banten Selatan di Lebak, Rabu (18/2).

Rano mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat meminta kepastian kehadiran Presiden Joko Widodo untuk meresmikan KEK Tanjung Lesung. Hingga saat ini Pemprov Banten masih menunggu informasi kepastian Presiden dari pihak Sekretariat Negara (Setneg).

Terkait persiapan Pemprov Banten dalam peresmian KEK Tanjung Lesung tersebut, Rano menyatakan semuanya sudah siap termasuk kantor Administrator yang sudah dibangun di kawasan tersebut.

"Persiapannya sudah 95%. Kita tinggal 'go' saja," kata Rano usai meninjau pembangunan jalan Saketi-Malingping.

Pihaknya berharap setelah peresmian nanti, banyak investor besar yang akan menanamkan modalnya di KEK Tanjung Lesung tersebut.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, ditargetkan mulai beroperasi akhir Februari 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten Ali Fadillah mengatakan, rencananya pengoperasian KEK Pariwisata Tanjung Lesung ditandai dengan peresmian pada 23 Februari 2015.

Operasional KEK Tanjung Lesung tersebut juga ditandai dengan 'groundbreaking' pembangunan Kawasan Marina dan Terminal Cruise, dengan nilai investasi sekitar Rp586 miliar oleh PT Pelindo II.

"Masing-masing pihak Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang memiliki tugas tanggung jawab yang harus dikerjakan untuk peresmian operasional KEK Tanjung Lesung 23 Februari 2015 mendatang. Kami akan siapkan semua administrasi yang masih dibutuhkan untuk operasional KEK Tanjung Lesung tersebut," kata Ali Fadilah yang juga Sekretaris Dewan Kawasan KEK Provinsi Banten.

Menurut Ali, upaya mempercepat beroperasinya KEK Tanjung Lesung sudah sesuai perencanaan, termasuk memperhatikan hal-hal bersifat administratif. Sehingga setiap celah administrasi yang harus disiapkan sudah memadai bagi pelaksanaan operasional KEK tersebut.

Menurut Ali, PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola KEK Pariwisata Tanjung Lesung telah menginvestasikan dana senilai Rp1,4 triliun untuk membangun kawasan tersebut.

Selain itu, saat peresmian operasional KEK Tanjung Lesung pada 23 Februari 2015 nanti, juga akan dilakukan 'groundbreaking' pembangunan Kawasan Marina dan Terminal Cruise senilai Rp 586 miliar oleh PT Pelindo II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru