kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumat, Setnov dipanggil jadi saksi kasus e-KTP


Jumat, 20 Oktober 2017 / 07:53 WIB
Jumat, Setnov dipanggil jadi saksi kasus e-KTP


Reporter: Teodosius Domina | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPR RI Setya Novanto dipanggil untuk memberi kesaksian dalam kasus korupsi e-KTP (KTP elektronik) dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong, Jumat 20/10).

Ini merupakan panggilan kedua dari pengadilan. Pada pemanggilan Senin (9/10) lalu, Novanto mangkir lantaran menjalani pemeriksaan kesehatan. "Saksi untuk Andi Agustinus besok," kata Samsul Huda, kuasa hukum Andi ketika dikonfirmasi, Kamis (19/10).

Selain Novanto, menurut keterangan Samsul, jaksa KPK juga bakal menghadirkan empat saksi lain. Diantaranya Shin Chen Ho, Nurhadi Putra, Onny Hendro Adhiaksono dan Drajat Wisnu Setyawan.

Sekedar tahu, jaksa menduga ada hubungan istimewa antara Andi dengan Novanto. Dalam dakwaan Andi, jaksa KPK bahkan menerangkan bahwa Andi adalah representasi dari politikus Partai Golkar ini.

"Terdakwa sebagai representasi dari Setya Novanto," ujar salah satu jaksa KPK, Senin (14/8).

Lebih lanjut, jaksa juga menerangkan bahwa Novanto merupakan kunci proses penganggaran di DPR RI. Lantaran pengaruh besar Novanto ini, Andi sempat mengajak sejumlah pejabat Kemendagri untuk bertemu dengan Novanto di Hotel Grand Melia. Mereka diantaranya, Irman, Sugiharo dan Diah Anggraini. Di sini, Novanto mengajak para pihak tersebut untuk mengawal proyek e-KTP.

Tak puas dengan pertemuan tersebut, Andi kembali mengajak Irman bertemu Novanto di kantornya di Lantai 12 Gedung DPR RI. Dalam pertemuan tersebut jaksa menerangkan dalam dakwaan bahwa Andi bertanya pada Novanto, "Pak Nov, bagaimana ini anggaran supaya Pak Irman tidak ragu?"

Novanto pun menjawab hal tersebut masih dibicarakan dengan bilang, "Ini sedang kami koordinasikan".

Kemudian sesaat sebelum pertemuan tersebut usai, untuk memeriksa perkembangan proses penganggaran, Novanto bilang pada Irman agar berkomunikasi dengan Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×