Jokowi, presiden dengan follower terbanyak ke-4

Senin, 24 April 2017 | 15:01 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi, presiden dengan follower terbanyak ke-4


JAKARTA. Presiden RI, Joko Widodo menempati posisi ke-4 sebagai pemimpin negara dengan pengikut terbanyak di Instagram. Hal ini mengacu laporan bertajuk "World Leaders onInstagram" yang dirilis firma komunikasi strategis global, Burson Marsteller, Minggu (24/4).

Jokowi, begitu ia kerap disapa, saat ini memiliki sekitar 3,8 juta pengikut alias followers di Instagram (@jokowi). Jumlah itu meningkat 673% dibandingkan satu tahun lalu.

Hal ini tak lepas dari keaktifan Jokowi berinteraksi dengan para pengikutnya. Menurut laporan, Jokowi juga berada pada peringkat ke-4 sebagai pemimpin negara yang paling interaktif di Instagram. Menurut laporan Burson, secara total, ada 17 jutaan interaksi yang dibangun Jokowi via layanan berbagi foto dan video tersebut.

Menilik laporan Burson Marsteller selengkapnya, ada 73 kepala negara, 38 kepala pemerintah, serta 28 perdana menteri yang memiliki akun Instagram pribadi di Instagram.

Per April 2017, Perdana Menteri India Narendra Modi (@narendramodi) menjadi pemimpin negara yang paling banyak diikuti di Instagram dengan jumlah pengikut 7,2 jutaan.

Posisi kedua ditempati Presiden AS Donald Trump (@realdonaldtrump) dengan 6,6 jutaan pengikut. Di peringkat ketiga ada Kepala Negara Kota Vatikan, yakni Paus Fransiskus (@franciscus). Paus ke-266 tersebut diikuti oleh 3,8 juta followers.

Menurut CEO Burson Marsteller, format foto dan video di Instagram merupakan medium yang efektif untuk menumbuhkan popularitas. Para pemimpin di seluruh dunia pun bisa berkomunikasi dengan masyarakatnya dengan cara yang lebih kasual dan kreatif.

“Para pemimpin di seluruh dunia sedang menciptakan komunikasi daring (online) yang mampu menyampaikan konteks politis dan sosial, serta membagikan citarasa kreativitas dan kepribadian. Pemimpin di lini bisnis dan sektor lainnya dapat belajar dari cara pemerintah memanfaatkan Instagram,” katanya.

Beberapa peminpin dunia mengelola secara mandiri akun Instagram-nya dan mereka juga sering menugaskan fotografer resmi, atau tim media sosial mereka untuk mengelola akun tersebut. Beberapa foto aktivitas kenegaraan diunggah, begitu juga foto-foto yang sifatnya personal seperti selfie dan foto bersama keluarga.

Selengkapnya, di posisi kelima sampai ke-10, berikut daftar akun pemimpin atau institusi negara dengan followers terbanyak:
5. The White House (@whitehouse)
6. Ratu Jordan, Rania Al-Abdullah (@queenrania)
7. Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev (@damedvedev)
8. Perdana Menteri Dubai, HH Sheikh Mohammed (@hhshkmohd)
9. Presiden Turki, Recep Tayyip Mohammed (@rterdorgan)
10. Presiden Iran, Ayatollah Ali Khamenei (@khamenei_ir)

(Fatimah Kartini Bohang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru