Jokowi cek lapangan Tol Bawen-Salatiga

Sabtu, 08 April 2017 | 13:18 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi cek lapangan Tol Bawen-Salatiga


JAKARTA. Presiden RI Joko Widodo meninjau progres pekerjaan fisik ruas jalan tol Bawen-Salatiga di wilayah Desa Polosiri, Bawen, Kabupaten Semarang, Sabtu (8/4) siang.

Rombongan Jokowi tiba sekitar pukul 10.40 di Km 37.600 tepatnya di atas jembatan Tuntang atau sekitar 2.5 kilometer pertama dari ruas tol sepanjang 17.5 kilometer ini.

Tampak jokowi didampingi Ibu Iriana, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bupati Semarang Mundjirin, dan Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

Jembatan tol sepanjang 330 meter yang berada di atas sungai Tuntang ini mempunyai pemandangan yang indah. Dari atas jembatan Tuntang ini di sisi selatan, barat hingga timurnya kita dapat melihat bendungan sungai Tuntang hingga hamparan Danau Rawapening serta hijaunya perbukitan.

Sementara di sisi timurnya pun hampir sama, terlihat pemandangan bukit kebun karet dan kopi milik PTPN IX.

Sehari sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan kunjungan presiden ini. Dari kunjungan itu diketahui bahwa ruas tol Bawen-Salatiga terkendala di bukit Polosiri. Sedikitnya 250.000 meter kubik tanah harus diambil agar mencapai kelandaian sesuai standar kelayakan jalan raya.

"Masih harus diturunkan enam sampai 17 meter ke bawah," kata Basuki.

Namun upaya cut and fill ini terkendala curah hujan tinggi, sehingga dari target pengerukan 8.000 meter kubik per hari, hanya bisa tercapai 4 hingga 5 meter kubik saja jika turun hujan. (Kontributor Ungaran, Syahrul Munir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru