kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jerome Powell kandidat terkuat Gubernur The Fed


Sabtu, 28 Oktober 2017 / 23:50 WIB
Jerome Powell kandidat terkuat Gubernur The Fed


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pekan depan, calon Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang baru akan diumumkan. Dalam cuitan di twitter, Presiden AS Donald Trump memastikan akan mengumumkan calon bos The Federal Reserve minggu depan.

Trimp tidak menyebutkan kandidat Gubernur The Fed pilihannya. Cuma, menurut tiga sumber Bloomberg yang tahu soal ini menuturkan, Trump cenderung memilih Jerome Powell sebagai Gubernur The Fed berikutnya.

Powell merupakan salah satu anggota Dewan Gubernur The Fed periode sekarang. Di The Fed, Powell lebih banyak mengurusi soal peraturan keuangan. 

"Orang-orang menunggu keputusan saya mengenai siapa Gubernur The Fed berikutnya," kata Trump dalam video Instagram singkat yang dia kirimkan ke 41 juta pengikut twitter-nya. "Akan ada seseorang yang akan melakukan pekerjaan fantastis. Saya memiliki seseorang yang sangat spesifik dalam pikirannya," imbuh Trump.

Hanya saja, menurut sumber tersebut, dukungan Trump terhadap Powell belum final dan Trump bisa saja berubah pikiran setiap saat. 

Selain Powell, ada empat kandidat lain yang Trump pertimbangkan. Yakni ekonom Stanford University John Taylor, mantan Dewan Gubenur The Fed Kevin Warsh, Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gary Cohn. Serta, Gubernur The Fed Janet Yellen juga dinominasikan menjabat untuk dua periode. Masa jabatan Yellen akan berakhir pada Februari 2018.

Bila Powell terpilih, investor menilai ini sebagai sinyal kontinuitas kebijakan moneter The Fed. Maklum, Powell selama ini mendukung pendekatan Yellen dalam penentuan suku bunga.

Sumber lain menyebutkan, diantara lima kandidat, para penasihat Trump lebih condong menominasikan Powell atau Taylor menjadi petinggi The Fed. Powell mendapat dukungan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin. Sedangkan Taylor difavoritkan Wakil Presiden AS Mike Pence.

Sebelumnya, Reuters melaporkan, Powell dan Taylor akan masuk jajaran Dewan Gubernur The Fed. Skenarionya, siapapun baik Powell atau Taylor yang terpilih menggantikan Yellen,  yang lainnya akan mengisi posisi Wakil Gubernur The Fed yang ditinggalkan Stanley Fischer karena akan pensiun bulan ini.

Kombinasi Powell dan Taylor diyakini akan lebih memberi warna kebijakan The Fed di masa mendatang. Powell yang mendukung pendekatan Yellen dalam menaikkan suku bunga akan memberikan keontinuitas kebijakan moneter The Fed yang diinginkan investor.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×