Jalan Kalimalang hanya satu arah selama 3 bulan

Senin, 24 Juli 2017 | 11:46 WIB Sumber: Kompas.com
Jalan Kalimalang hanya satu arah selama 3 bulan


BEKASI. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan arus lalu lintas di ruas Jalan KH. Noer Ali atau Kalimalang di Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi akan diberlakukan satu arah hingga proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) selesai.

"Karena ada pembangunan gardu tol ramp off Caman, kami buat pengalihan arus hingga pembangunan selesai. Belum tentu sampai kapan, bisa juga sekitar tiga bulanan," ujar Yayan di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Senin (24/7).

Ia menjelaskan proyek ini dapat membuat kondisi jalan semakin padat, karena itu diberlakukan pengalihan arus lalu lintas. "Kalau sekarang ini pasti kondisi jalan padat, sehingga mohon maaf kalau perjalanannya terganggu," kata Yayan.

Adapun pengalihan arus di wilayah Caman, Kalimalang, sudah diberlakukan sejak Senin pagi pukul 05.00 WIB, dan akan terus diberlakukan.

Yayan menjelaskan hal tersebut dilakukan agar pembangunan tidak terganggu, karena di titik tersebut sudah dipenuhi alat berat dan sejumlah material pendukung konstruksi bangunan.

Sementara, ruas jalan Kalimalang nantinya akan digunakan untuk pengendara yang mengarah ke Bekasi saja. Kemudian untuk pengendara yang mengarah ke Jakarta akan dialihkan ke Jalan Inspeksi Kalimalang yang berada di sisi selatan kalimalang. "Panjang pengalihan arus ini kurang lebih sejauh 600 meter," jelasnya.

Untuk pengendara yang datang dari arah timur (Bekasi), kata Yayan, nantinya akan dibelokkan ke arah kiri melewati jembatan Caman. Saat di jembatan itu, arus kendaraan akan dibelokkan ke arah kanan menuju sisi selatan Jalan Inspeksi Kalimalang sampai Jembatan 4 atau Kincan. Di jembatan Kincan inilah, arus kendaraan dikembalikan melintasi Jalan KH. Noer Ali.

Yayan memastikan, sisi selatan Kalimalang telah siap dilalui, karena pemerintah telah membangun jalan itu sejak lama. Apalagi jalan itu dibuat dari coran semen yang dilapisi aspal, sehingga kontur jalannya terlihat mulus. (Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Jalan Kalimalang Akan Dialihkan hingga 3 Bulan ke Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru