kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah gaji eksekutif tertinggi di AS


Jumat, 12 Mei 2017 / 12:00 WIB
Inilah gaji eksekutif tertinggi di AS


Reporter: Mona Tobing | Editor: Yudho Winarto

NEW YORK. Daftar eksekusif dengan gaji terbesar di perusahaan Amerika Serikat (AS) baru saja keluar. Bos-bos perusahaan teknologi dan sektor keuangan mendominasi daftar teratas pendapatan terbesar.

Data Bloomberg Pay Indeks  menunjukkan dari 10 daftar eksekutif gaji tertinggi menempatkan Marc Lore, Chief Executive Officer (CEO) Wal Mart Stores Inc menjadi eksekutif dengan bayaran termahal. Tahun lalu, Lore mendapat bayaran sekitar US$ 236,89 juta setahun.

Meski begitu, dalam daftar 10 besar gaji tertinggi di tahun 2016 didominasi perusahaan teknologi yakni sebanyak empat eksekutif. Mereka adalah Tim Cook, CEO Apple di posisi kedua. Kemudian Sundar Pichai , bos Google yang menempati urutan keempat.

Pendiri Tesla, Elon Musk di posisi kelima, dan CEO IBM, Virgina M. Rometty di urutan keenam.

Steven Hall, Managing Director Steven Hall & Partners, sebuah perusahaan konsultan, menila,i para eksekutif yang mendapat gaji tinggi menandakan betapa berbakatnya mereka. "Mereka terbukti sangat dicari oleh perusahaan lain," tandas Hall.

Berkah saham

Para bos perusahaan teknologi ini kembali merebut posisi teratas di kalangan eksekutif yang sebelumnya menjadi milik eksekutif dari Goldman Sachs Group Inc.

Hal ini terjadi lantaran tambahan pemasukan atas kepemilikan saham yang dimiliki. Selain itu, para eksekutif juga mendapatkan hibah berulang kali dalam bentuk saham atau opsi lain yang diberikan perusahaan mereka.

Bos Apple misalnya, mendapatkan tanbahan hibah dari unit saham terbatas yang dimilikinya. Gaji Cook pada tahun lalu yang diperoleh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya juga karena adanya perubahan distribusi saham yang disusun dewan direksi Apple. Plus, adanya tambahan kompensasi saham yang belum pernah didapat pada tahun sebelumnya. Bos Tesla, Ellon Musk juga turut merasakan keuntungan tersebut.

Sementara itu, CEO Wal Mart, Marc Lore memiliki kasus khusus berbeda. Sebagian besar kompensasinya berkaitan dengan kesepakatan akuisisi Wal Mart atas peritel online Jet.com.

Ia juga mendapatkan tambahan penghasilan dari penjualan saham terbatas Wal Mart yang dilepas Lore pada bulan September 2021. Selain dari saham, Lore juga mendapat gaji, bonus dan tunjangan sebesar US$ 1,43 juta untuk tahun fiskal baru.

Meski menjadi CEO dengan pendapatan tertinggi, namun Lore menilai hal tersebut bukanlah tolak ukur kesuksesan dalam hidupnya. "Pada akhirnya, saya menyadari bahwa kesuksesan bukanlah ukuran gaji, gelar atau gelar anda. Namun dampak dari yang anda miliki terhadap orang lain dan kebahagiaan kolektif dari orang-orang yang anda sentuh," tandas Lore.




TERBARU

[X]
×