kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 3 proyek tol yang rampung 2018


Minggu, 24 September 2017 / 16:46 WIB
Ini 3 proyek tol yang rampung 2018


Reporter: Cecylia Rura | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arie Setiadi Moerwanto mengatakan akan ada tiga proyek jalan tol yang dikebut pembangunannya di tahun 2018. Pertama Tol Cisumdawu yang akan menghubungkan Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan.

"Rencananya akan selesai tahun depan, dimulai tepatnya pada Januari 2018," kata Arie ketika dihubungi KONTAN.co.id, Minggu (24/9).

Diberitakan sebelumnya oleh Kontan, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan ditargetkan akan beroperasi seluruhnya pada 2019. Proyek jalan tol ini sendiri juga akan menghubungkan Bandung dan Bandara Internasional Kertajati di Jawa Barat.

Kedua, proyek tol Surabaya-Kertosono yang merupakan bagian proyek jalan tol trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Menurut Arie, proyek ini sendiri akan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018.

Ketiga, proyek jalan tol Serang-Panimbang dengan panjang 83,6 kilometer yang menyediakan akses ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Menurut Arie, proyek yang terdiri dari tiga sesi ini ditargetkan selesai pada awal Januari 2018. Sebelumnya, proses pra kualifikasi ditargetkan akan rampung pada September ini.

Di samping itu, Arie juga mengatakan sedang diupayakan kerja sama dengan Jepang terkait jalan tol Padang-Pekanbaru.

Asal tahu, pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru yang dirancang sepanjang 240 kilometer targetnya dapat dimulai pada tahun 2018.

Terkait proyek jalan tol yang akan dilelang, Arie mengatakan sudah ada peminat. "Misalnya Jasa Marga untuk proyek Bandung-Tasikmalaya, proposalnya sudah masuk dan tinggal ditinjau pemerintah," katanya.

Lalu ada proyek Semarang-Demak yang akan dilelang pada Desember nanti namun masih menunggu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), baru setelah itu akan dilelang, lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×