Kontan News
  : WIB    --   
indikator  I  

Indonesia Kian Tertinggal dari Malaysia

Indonesia Kian Tertinggal dari Malaysia

JAKARTA. Malang benar nasib bangsa ini. Meskipun dulu Malaysia banyak belajar dari Indonesia. Namun kini kondisinya kian terbalik. Duta Besar RI untuk Malaysia, Da'i Bachtiar mengungkapkan jumlah pelajar/mahasiswa Indonesia yang belajar ke Malaysia terus bertambah setiap tahunnya. Sementara jumlah pelajar/mahasiswa dari Malaysia yang belajar ke Indonesia makin berkurang.

“Sekarang ada 15.000 pelajar Indonesia di Malaysia, sementara pelajar Malaysia disini hanya 5.000 orang,” ucapnya di Kantor Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Rabu (18/4).

Tak hanya di sektor pendidikan, Indonesia juga makin tertinggal dengan Malaysia di sektor pariwisata. Da'i menyebutkan, tahun lalu jumlah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Malaysia mencapai 2.000.000 orang sementara turis asal Malaysia yang menyambangi Indonesia hanya 500.000 orang.

Hal ini menandakan bahwa pemerintah Malaysia berhasil mengemas program pariwisatanya dengan baik sehingga dapat menggaet jumlah turis lebih banyak. “Jumlah expatriat di Malaysia juga terus bertambah,” ucapnya.


Reporter Yohan Rubiyantoro

PENDIDIKAN INDONESIA

Feedback   ↑ x
Close [X]