kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia berduka: 8 Tokoh yang berpulang sepanjang 2019


Sabtu, 14 Desember 2019 / 10:05 WIB
Indonesia berduka: 8 Tokoh yang berpulang sepanjang 2019
ILUSTRASI. Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengusung peti jenazah almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Indonesia berduka. Sepanjang 2019, sejumlah tokoh politik, tokoh nasional, tokoh agama, ataupun tokoh seni dan budaya berpulang. 

Mereka di antaranya KH Arifin Ilham; istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono; dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Kepergian mereka menjadi kehilangan besar bagi Indonesia. 

Berikut 8 tokoh yang berpulang pada 2019: 

1. KH Arifin Ilham 

KH Arifin Ilham merupakan pemimpin Majelis Az-Zikra, sebuah pesantren yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Sebelum meninggal dunia, Ustaz Arifin Ilham divonis menderita penyakit kanker sehingga beberapa kali harus dirawat di rumahsakit. 

KH Arifin Ilham meninggal dunia pada 22 Mei 2019 ketika menjalani pengobatan di Malaysia. 

2. Ani Yudhoyono 

Ani Yudhoyono merupakan istri Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebelum berpulang, Ani mengidap penyakit kanker darah dan menjalani pengobatan di National University Hospital (NUH) Singapura. 

Baca Juga: SBY kenang momen manis bersama istrinya Ani Yudhoyono saat Lebaran

Sosok Ani lekat di benak masyarakat Indonesia sejak menjadi Ibu Negara mendampingi SBY sejak 2004 hingga dua kali periode kepemimpinan yang berakhir pada 2014. Keharmonisan hubungan SBY-Ani pun banyak disebut sebagai relationship goal oleh para netizen. 

Semasa menjalani pengobatan di Singapura, SBY setia mendampingi Ani. Ani Yudhoyono meninggal dunia pada 1 Juni 2019 di Singapura. 

3. Sutopo Purwo Nugroho 

Sutopo Purwo Nugroho merupakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Nama Sutopo dikenal publik karena dedikasinya terhadap kebencanaan di Indonesia. 

Sejak 17 Januari 2018, Sutopo mengidap kanker paru-paru. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo tetap sigap menjalankan tugasnya sebagai "penyambung" informasi kebencanaan kepada publik. 

Baca Juga: Almarhum Sutopo Purwo Nugroho di mata Jokowi

Beberapa kali Sutopo berbagi momen di media sosial ketika ia tengah menjalani kemoterapi. Karena dedikasinya, Sutopo meraih berbagai penghargaan pada tahun 2018, di antaranya The Most Inspirational Aparatur Sipil Negara (ASN) 2018. 

Sutopo harus menyerah dengan penyakit kanker yang dideritanya pada 7 Juli 2019 di Guangzhou, China, setelah menjalani pengobatan selama satu bulan. 

4. Arswendo Atmowiloto 

Arswendo Atmowiloto merupakan seorang sastrawan, seniman, wartawan, dan budayawan. Film Keluarga Cemara merupakan salah satu film yang naskahnya ditulis oleh Arswendo. 

Ia juga pernah memimpin Bengkel Sastra Pusat Kesenian Jawa Tengah di Solo (1972) dan menjadi wartawan Kompas. Arswendo meninggal dunia pada 19 Juli 2019 di rumahnya setelah berjuang melawan kanker prostat. 




TERBARU

[X]
×