Indobarometer: Elektabilitas Rindu 36,9% dan 2DM 30,1 %

Rabu, 20 Juni 2018 | 15:34 WIB Sumber: Kompas.com
Indobarometer: Elektabilitas Rindu 36,9% dan 2DM 30,1 %

ILUSTRASI. DEBAT PUBLIK PILGUB JABAR 2018


PILKADA - JAKARTA. Survei Indobarometer menunjukkan, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum lebih tinggi atas tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur lainnya yang bertarung dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Jika Pilkada digelar pada 7-13 Juni 2018, pasangan Ridwan-Uu dipilih 36,9 % responden. Di urutan kedua pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan elektabilitas 30,1 %.

Pasangan yang elektabilitasnya berada pada urutan ketiga dan keempat, yakni pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (6,1 %) serta pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan (5 %). Hasil survei itu dipaparkan Direktur Eksekutif Indobarometer M. Qodari dalam konferensi pers di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/6).

Dalam survei ditanyakan, "Seandainya pemilihan gubernur Provinsi Jawa Barat dilaksanakan hari ini, dan seandainya surat suara yang dipakai adalah sebagai berikut ini. Silahkan Bapak/Ibu/Sdr tentukan pilihan....."

Adapun, sebanyak 21,9 % responden memilih untuk tidak menandai surat suara. Dari 21,9 % tersebut, sebanyak 62,7 % di antaranya merahasiakan jawaban meskipun mereka sudah menetapkan pilihan.

Sementara, sebanyak 32,7 % responden mengaku belum menentukan pilihan dan 4,6 % responden lainnya tidak akan memakai hak suaranya.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Mereka diwawancarai secara tatap muka melalui pengisian kuisioner. Metode penarikan sampel, yakni multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83 % pada tingkat kepercayaan sebesar 95 %.

Qodari melanjutkan, berdasarkan hasil survei, tingkat kesukaan publik terhadap Ridwan memang lebih tinggi dibandingkan calon gubernur lain. Maka, tidak heran apabila elektabilitas pasangan tersebut lebih tinggi pula.

"Atas pertanyaan, apakah Bapak/Ibu/Sdr suka atau tidak suka dengan calon tersebut, dari kategori calon gubernur, Ridwan Kamil dipilih 84,1 % responden, sementara Deddy Mizwar dipilih 79,8 % responden," papar Qodari.

Adapun, berdasarkan kategori calon wakil gubernur, tingkat kesukaan publik terhadap Uu Rhuzanul Ulum dan Dedi Mulyadi bersaing ketat. Uu dipilih 81,1 % responden, sementara Dedi dipilih 81,7 % responden. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Indobarometer: Elektabilitas Ridwan-Uu 36,9 %, 2DM 30,1 %",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru