: WIB    —   
indikator  I  

Gerindra daftar pemilu 2019 Sabtu besok

Gerindra daftar pemilu 2019 Sabtu besok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria tampak menyambangi Gedung KPU hari ini, Jumat (13/10) sekitar pukul 14.30 WIB. Riza yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua KPU Arief Budiman.

Usai bertemu Arief, Riza menjelaskan maksud kedatangannya adalah untuk melakukan sosialisasi soal Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Kehadiran saya melihat langsung, berdiskusi dan berdialog mengenai proses daripada Sipol karena ada beberapa partai yang menanyakan terkait Sipol, sejauh yang tadi saya lihat, saya tanyakan dan cek langsung, Sipol ini dimaksudkan justru untuk mempermudah seluruh partai politik dan peserta Pemilu dalam rangka mendaftarkan kembali partainya," terang Riza kepada awak media di Gedung KPU, Jumat (13/10).

Menurutnya, di era digital sekarang sudah tidak lagi memerlukan berkas yang terlalu banyak di mana satu provinsi sebanyak-banyaknya cukup menggunakan satu box container untuk pengumpulan berkas. Sementara masalah keanggotaan bisa diserahkan ke kabupaten/kota setempat.

Ternyata, lanjutnya, Sipol selama 14 hari berjalan tidak pernah mati. Namun Sipol juga sempat mengalami beberapa masalah. "Memang sempat down tapi hanya beberapa menit dan beberapa detik saja, jadi tidak ada masalah."

Selain itu, soal nama desa yang kebetulan sama, sebenarnya berbeda di kabupaten atau kecamatan, tetapi sejauh ini bisa diatasi selama pengguna Sipol memahami cara pengisian data.

Lalu ada juga yang keluhan soal input data. "Setelah di-entry kemudian nanti di-entry kembali terjadi double nama, itu juga tidak sulit mengatasinya," tukas Riza.

Sejauh pengguna sistem melakukan konsultasi lewat help desk yang disediakan KPU, menurutnya tidak ada masalah. Ia juga menuturkan, Sipol di tahun ini jauh lebih baik dari lima tahun sebelumnya.

"Feature-nya banyak yang berbeda, ada banyak sekali, kalau dulu semua berkas dibawa ke pusat, sementara sekarang ini paperless dan berkas yang dibawa ini adalah print dari Sipol," terang Riza. Harapannya nanti Sipol yang sekarang tidak memberatkan parpol untuk mendaftar Pemilu 2019.

Hingga hari ini baru ada tujuh partai politik yang mendaftar ke kantor KPU di antaranya Partai Perindo, PSI, PDIP, Partai Hanura, Partai Nasdem, Partai Berkarya, dan PAN. Sementara Partai Garuda dan Partai Golkar yang rencananya akan hadir hari ini belum tampak ada perwakilan yang melakukan pendaftaran.

Sementara Partai Gerindra jika tidak ada halangan akan melakukan pendaftaran besok, Sabtu (14/10) sekitar pukul 14.00 WIB.


Reporter Cecylia Rura
Editor Yudho Winarto

PEMILU 2019

Feedback   ↑ x
Close [X]