: WIB    —   
indikator  I  

Genjot pertumbuhan, Darmin: Tinggal belanja saja

Genjot pertumbuhan, Darmin: Tinggal belanja saja

KONTAN.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, mesin-mesin penggerak ekonomi sudah bergerak secara optimal kecuali belanja pemerintah. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), belanja pemerintah turun 1,93% secara tahunan.

"Dari empat motor penggerak perekonomian, sebetulnya tinggal pengeluaran pemerintah yang belum mencapai posisi yang optimum," kata Darmin di Gedung DPR, Rabu (13/9).

Menurun Darmin, belum optimalnya belanja pemerintah disebabkan oleh penerimaan negara yang belum optimal. Dari awal tahun sampai 31 Agustus 2017, realisasi penerimaan pajak sebesar Rp 685,6 atau 53,5% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 sebesar Rp 1.283,57 triliun meski tumbuh 10,23% dibandingkan tahun lalu. “Pertama, penerimaan harus naik dulu. Apa yang mau dibelanjakan kalau penerimaannya tidak ada,” ujarnya.

Kedua, irama belanja pemerintah yang selalu melonjak di akhir tahun, “Irama (belanja) pemerintahan itu, normal-normalnya itu selalu kuartal III dan IV. Mau diapain, didorong juga seperti itu," kata dia

Namun, ia optimistis target pertumbuhan ekonomi tahun ini yang sebesar 5,2% akan tercapai. Hal ini didukung dengan situasi yang akan mendukung ekonomi pada kuartal III.

Darmin mengatakan, kondisi cuaca kuartal ketiga juga tidak jelek sehingga pangan tidak jelek walau ada risiko hama dan lain-lain. Kedua, musim panas di negara mau juga memberi kesempatan ekspor kebutuhan sehari-hari. Musim panas ada dampak positifnya. "Ekonomi tidak selalu memerlukan hal-hal besar, yang penting ekspor baik, investasi baik, konsumsi mungkin tahun ini sedikit di bawah atau tetap. Sebenarnya tinggal (belanja) anggaran saja,” katanya.


Reporter Ghina Ghaliya Quddus
Editor Wahyu Rahmawati

PERTUMBUHAN EKONOMI

Feedback   ↑ x
Close [X]