kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GAPKI: Akses pembiayaan perkebunan masih sulit


Kamis, 09 Maret 2017 / 19:54 WIB
GAPKI: Akses pembiayaan perkebunan masih sulit


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Indonesia merupakan negara terbesar produsen sawit di dunia. Pada tahun 2016, total produksi Crude Palm Oil (CPO) nasional mencapai 31,5 juta ton dan Palm Kernel Oil (PKO) 3 juta ton. Sehingga total produksi minyak sawit tahun 2016 sebesar 34,5 juta ton. Sementara ekspor CPO dan turunannya tahun lalu mencapai 25,1 juta ton dan menyumbang devisi senilai US$ 18,1 miliar.

Namun pengembangan industri kelapa sawit masih kurang maksimal khususnya perkebunan sawit milik rakyat. Apalagi sekitar 3,8 juta hektare (ha) atau 41% dari total luas kebun kelapa sawit nasional yaitu 11,3 juta ha merupakan milik petani. Nah rata-rata tingkat produktivitas sawit milik rakyat ini masih tergolong rendah sehingga perlu ditingkatkan, tapi kerap terjangkal dalam pembiayaan.

Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Fadhil Hasan mengatakan permasalahan legalitas lahan kebun sawit pekebun plasma menjadi penghambat utama bagi penyaluran pendanaan dari perbankan nasional. Padahal, dukungan dari perbankan mutlak diperlukan untuk membantu pengelolaan dan peremajaan lahan yang dimiliki pekebun plasma.

Selain lahan, yang juga perlu menjadi perhatian adalah pemenuhan kebutuhan pekebun plasma selama masa Tanaman Belum Menghasilkan (TBM). "Diperlukan penyesuaian Undang-undang terkait program pembiayaan secara Lex Spesialis untuk komoditas kelapa sawit sebagai komoditas strategis negara, seperti halnya migas,” ujar Fadhil, Kamis (9/3).

Bank Mandiri, sebagai salah satu bank BUMN mengaku berkomitmen mendukung berbagai kebijakan dan aturan baru yang akan dikeluarkan pemerintah terkait upaya optimalisasi kesejahteraan pekebun kelapa sawit. Salah satunya, melalui program pembiayaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir dalam mendukung pertumbuhan industri sawit nasional.

“Hingga saat ini, outstanding kredit di sektor perkebunan kelapa sawit (on farm) mencapai Rp 48,97 triliun atau sebesar 8,54% dari portofolio kredit Bank Mandiri, dengan kualitas kredit yang sangat baik,” ujar Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×