Gaet turis di Festival Panglipuran di Bangli, Bali

Rabu, 20 Desember 2017 | 08:50 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Gaet turis di Festival Panglipuran di Bangli, Bali


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Penglipuran Village Festival V digelar di Objek Wisata Desa Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli, Bali. Festival ini diharapkan memantik lahirnya desa wisata baru di Kabupaten Bangli, Bali.

 

”Kami harus berikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata yang telah memasukan festival ini menjadi kalender event nasional. Tentu saja, ini akan berdampak kepada pariwisata Bali dan lahirnya desa wisata yang berkelas dunia seperti Penglipuran Village ini,” ujar Bupati Bangli, I Made Gianyar dalam keterangan pers, Selasa (19/12).

Penglipuran Festival V ini akan berlangsung selama 11 hari mulai Selasa 19-30 Desember mendatang. Lebih lanjut Bupati menambahkan, dengan festival ini, merupakan awal tonggak lahirnya desa-desa wisata di Bangli, dan pihaknya berharap harus diikuti oleh desa-desa lainnya.

”Kami sudah menetapkan 27 Desa wisata di Bangli. Ini yang menetapkan bukan Bupati, namun pihak-pihak yang kompeten dengan penetapan ini. Dilihat dari mampu atau tidaknya desa tersebut dilihat dari cita rasa masyarakat lokal itu sendiri, kami pemerintah akan terus mendorong bagi desa yang semangat untuk maju dan mendunia seperti Penglipuran,” kata Made.

Menteri Pariwisata Arief Yahya festival merupakan hal yang sangat penting. Khusus untuk membangun desa wisata, Arief menyarankan untuk pelaku industri belajar ke Desa Penglipuran, Bali.

"Reputasi Desa Penglipuran, Bali, sudah mendunia. Bukan hanya terbaik di Bali, maupun Indonesia. Tetapi sudah menggunakan standar global. Namanya masuk ke dalam kelompok desa-desa terbaik dunia, sejajar dengan Desa Giethoorn di Belanda serta Mawlynnong di India," ujarnya.

Arief Yahya berharap desa wisata lain bisa mencontoh Desa Penglipuran, Bali. Motor dan mobil dilarang masuk ke desa ini sehingga Penglipuran bebas dari polusi udara. Nah, hal lain yang bikin wisatawan betah adalah kebersihannya. Desa yang terletak di jalan Penglipuran, Desa Kubu, Bangli, Kecamatan Bangli ini, dijamin bersih. Tak ada satu pun sampah yang terlihat di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru