kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ethica resmikan pabrik baru di Cikarang


Kamis, 23 November 2017 / 20:26 WIB
Ethica resmikan pabrik baru di Cikarang


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - CIKARANG. Hari ini, Kamis (23/11), Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Farid Moeloek meresmikan pabrik baru PT Ethica Industri Farmasi. Perusahaan yang merupakan hasil joint venture antara Fresenius Kabi AG and SOHO Global Health.

Pabrik baru ini dibangun di lahan seluas 4,3 hektare di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. PT Ethica Industri Farmasi telah menginvestasikan dana sebesar Rp 1 triliun untuk mendirikan pabrik yang akan memproduksi obat injeksi dalam bentuk ampul maupun vial menggunakan teknologi aseptik dan sterilisasi akhir. Untuk saat ini terdapat 230 anak bangsa Indonesia yang berkarya di pabrik baru PT ETHICA Industri Farmasi.

Gerrit Steen, Fresenius Kabi Board Member & President Region Asia mengatakan dengan pabrik ini, PT ETHICA Industri Farmasi akan mampu menyediakan akses kesehatan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia dengan beragam pilihan obat injeksi bagi penyakit kritis dan kronis.

Produk-produk obat injeksi yang dihasilkan dari pabrik ini juga akan berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pasar di negara-negara Asia dan Australia. "Hal ini sejalan dengan instruksi dari pemerintah Indonesia, untuk  pengembangan industri farmasi dan industri alat kesehatan di Indonesia," kata Steen.

Indrawati Taurus, President Direktur PT Ethica Industri Farmasi menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"PT Ethica Industri  Farmasi   mendukung visi pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi untuk produk-produk farmasi di pasar Asia dan berkontribusi terhadap perkembangan industri obat injeksi di Indonesia yang rata-rata bertumbuh sebesar 11% per tahun," jelasnya.

Sebelumnya 2016, pabrik produksi baru PT ETHICA Industri  Farmasi telah mendapatkan Izin Industri Farmasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Pabrik tersebut sudah mulai beroperasi secara komersil sejak awal Oktober 2017. Pusat Inovasi dan Pengembangan Produk (Innovation and Development Centre) telah dibentuk untuk mengembangkan produk obat injeksi yang lebih beragam dan dengan formula terbaru.

PT Ethica Industri Farmasi saat ini menyediakan lebih dari 20 jenis produk obat injeksi, antara lain seperti yang digunakan dalam perawatan ginekologi, anestesi, dan perawatan pasien kritis, yang telah dipasarkan di Indonesia.

PT Ethica Industri Farmasi berencana untuk meningkatkan jumlah produk hingga tiga kali lipat, dan juga melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Hong Kong, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×