kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciputra bakal bangun rumah sakit kedua tahun depan


Rabu, 14 November 2012 / 09:12 WIB
ILUSTRASI. Gerai Sandwich Subway


Reporter: Ragil Nugroho | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Kiprah Grup Ciputra di bisnis rumah sakit makin kentara. Lewat bendera Ciputra Hospital, perusahaan properti ini berencana membangun jaringan rumah sakit di setiap proyek perumahan.

Setelah Ciputra Hospital berdiri di Citra Raya Tangerang, tahun depan, Grup Ciputra bakal membangun Ciputra Hospital di Perumahan Ciputra Garden, Jakarta Barat. Untuk membangun proyek ini, Ciputra sudah menyiapkan dana sebesar Rp 200 miliar.

Cakra Ciputra, Direktur Utama PT Citra Raya Medika, pengelola Ciputra Hospital bilang proyek Ciputra Hospital di Citra Garden, Jakarta Barat, merupakan proyek properti rumah sakt kedua perusahaan. "Keberadaan rumah sakit menjadi komitmen Ciputra Group di bidang sosial," ujarnya Selasa (13/11).

Cakra menambahkan Ciputra Hospital di Jakarta Barat itu punya konsep laiknya rumah sakit Ciputra sebelumnya yang ada di Citra Raya. Yaitu dirancang untuk semua segmen pasar. Proyek rumah sakit itu sendiri bakal berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar.

Proyek rumah sakit Ciputra tak hanya berhenti di Jakarta Barat, tapi juga bakal meluas ke kawasan lainnya. "Setelah di Jakarta Barat, kami juga akan mendirikan rumah sakit sejenis di Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera," ucap Cakra tanpa memerinci lokasi pasti.
Okupansi tumbuh

Langkah Ciputra ini tidak terlepas dari kesuksesan proyek rumah sakit pertama mereka di Citra Raya. "Jumlah pasien terus meningkat," ujar Direktur PT Citra Raya Medika, Veimeirawaty Kusnadi.

Saat ini, tingkat okupansi rumah sakit per hari rata-rata sekitar 40%. Awal tahun, tingkat okupansi Ciputra Hospital Citra Raya masih dibawah 40%. Adapun total kamar pasien sebanyak 111 unit kamar. Dimana sekitar 30%nya atau sekitar 33 kamar diperuntukkan untuk kelas menengah dan bawah.

Melihat respon yang positif, Citra Raya Medika bakal menambah kapasitas kamar Ciputra Hospital Citra Raya menjadi 200 tempat tidur sampai akhir tahun ini. Adapun total karyawan rumah sakit ini sekitar 280 pegawai.

Citra Raya Medika memang berambisi meningkatkan fasilitas dan kapasitas Ciputra Hospital Citra Raya. Pasalnya, mereka memasang target bisa mendapat akreditasi rumah sakit kelas Paripurna (akreditasi tertinggi) pada Maret 2013 nanti. "Kami optimistis dapat meraih akreditasi tersebut," kata Veimeirawaty.

PT Citra Raya Medika merupakan anak usaha dari PT Ciputra Development Tbk (CTRP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×