kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia jatuh 2,3% di tengah aksi jual global


Rabu, 03 Februari 2016 / 16:18 WIB
Bursa Asia jatuh 2,3% di tengah aksi jual global


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

TOKYO. Bursa saham Asia jatuh di tengah gejolak harga minyak dan pendapatan perusahaan yang mengecewakan mendorong aksi jual global aset berisiko. Investor berada tengah kekhawatiran yang mendalam perihal melemahnya pertumbuhan global.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 2,3% menjadi 118,91 pada 05:01 sore waktu Tokyo, Rabu (3/2) karena anjloknya bursa Jepang dan Hong Kong. Runtuhnya harga minyak serta kekhawatiran mengenai perlambatan China terus mengacaukan pasar di seluruh dunia, dengan Indeks saham di wilayah tersebut menurun sebanyak 9,9% tahun ini.

Kemerosotan minyak mentah telah menekan produsen energi, dengan laba kuartal keempat BP Plc jatuh 91% dan Exxon Mobil Corp memangkas anggaran pengeborannya ke level terendah 10-tahun.

Sementara itu Bank of Japan (BOJ) mengejutkan pasar dengan dorongan stimulusnya di pekan lalu, sehingga memberikan bantuan pada turbulensi pasar di seluruh dunia. Penguatan yang bersifat hanya sementara, di tengah kecemasan yang terus membebani bahwa penurunan minyak dan gejolak keuangan yang lebih luas akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Indeks Topix Jepang turun 3,2 % setelah pendapatan Nomura Holdings Inc yang mengecewakan. Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,8 %. S & P / ASX 200 Index Australia turun 2,3 %. Indeks acuan Selandia Baru dan Taiwan Taiex baik mundur 0,8 %. Indeks Straits Times Singapura turun 1,3 %. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 2,3 %, turun untuk hari ketiga berturut-turut.

Shanghai Composite Index tergelincir 0,4 %, memperpanjang penurunan tahun ini menjadi 23 %. Hang Seng Index China Enterprises turun 2,5 %, mendekati level terendah dalam hampir tujuh tahun.

Asal tahu saja, saham Nomura jatuh 10 % di Tokyo setelah melaporkan penurunan 49 % pada laba kuartal ketiga. IHI Corp merosot 20 % setelah perusahaan pesawat dan sistem propulsi roket memperkirakan kerugian dan mengatakan akan melewatkan dividen.

AIA Group Ltd dan Manulife Financial Corp anjlok setidaknya 4,8 % di Hong Kong di tengah kekhawatiran bahwa China dapat menempatkan pembatasan pada pembelian asuransi di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×