BPOM periksa Kem Chicks di Kemang, ini hasilnya..

Selasa, 16 Mei 2017 | 19:30 WIB Sumber: Kompas.com

JAKARTA. Polres Metro Jakarta Selatan dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta merazia swalayan Kem Chicks, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (16/5).

Razia gabungan itu digelar untuk mengantisipasi peredaran makan menjelang Ramadan. BPOM menguji sejumlah sampel makananĀ  seperti sayur, buah, hingga makanan kemasan yang rawan mengandung bahan berbahaya.

"Ada 36 item yang kami uji, hasilnya negatif," kata Kepala BPOM DKI Jakarta Dewi Prawitasari dalam siaran persnya, Selasa.

Namun BPOM menemukan gula batu yang izin edarnya tidak berlaku. Ada juga pasta impor dengan izin edar yang tidak diperpanjang dan menggunakan izin edar produk lain.

"Ini masih aman tapi izin edarnya tidak berlaku. Artinya, kalau digolongkan, di sini artinya produk yang sudah tidak terdaftar. Jadi pemerintah tidak menjamin," kata Dewi Prawitasari.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Irmansyah yang turut dalam razia itu mengatakan jika dalam operasi itu terdapat bahan pangan yang mengandung bahan berbahaya atau produk kadaluarsa, pihaknya meminta produk segera ditarik dari peredaran.

"Pertama akan beri pembinaan, tetapi jika masih ditemukan kita ambil tindakkan tidak harus menunggu hari lagi. Tadi juga kan ditemukan bahan yang kadaluarsa yang akan langsung segera dimusnahkan," katanya. (Nibras Nada Nailufar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru