kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Basarnas: Fokus kita malam ini mencari lokasi di mana pesawat Sriwijaya Air jatuh


Sabtu, 09 Januari 2021 / 19:50 WIB
Basarnas: Fokus kita malam ini mencari lokasi di mana pesawat Sriwijaya Air jatuh
ILUSTRASI. Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pencarian pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak masih berlangsung. Bambang Suryoaji, Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas mengatakan, langkah utama Basarnas malam ini adalah mencari lokasi di mana pesawat tersebut jatuh.

"Besok pagi kita melaksanakan pencarian dan pendalaman," kata Bambang dalam konferensi pers, Sabtu (9/1). Dia mengatakan, hambatan terbesar pencarian lokasi pada malam ini adalah visibility karena kondisi malam. 

Hambatan yang kita hadapi adalah visibility karena malam hari. "Tapi malam ini akan kami usahakan semaksimal mungkin. Kalau malam ini kita temukan koordinat, besok pagi kita bisa melaksanakan pencarian secara maksimal," kata dia.

Bambang mengatakan, beberapa informasi di lapangan, ditemukan serpihan-serpihan yang dicurigai bagian dari pesawat Sriwijaya. "Tim gabungan kita menjadikan barang bukti untuk penelitian itu dari pesawat atau bukan," ujar dia.

Baca Juga: Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak pukul 14.55, Basarnas: Lokasi 11 mil dari Soetta

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Seribu Djunaedi mengatakan, pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak jatuh di sekitar Pulau Laki. Kapal patroli Kementerian Perhubungan juga menemukan serpihan daging di lokasi yang diduga menjadi titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Nelayan Pulau Lancang pertama kali mendengar suara ledakan seperti suara petir di sekitar lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Kala itu, lokasi jatuhnya pesawat sedang diguyur hujan deras. Nelayan tersebut melapor ke Pemkab Kepulauan Seribu.

Bambang mengatakan, pencarian dan pendalaman akan dilakukan di sekitar Pulau Lancang dan Pulai Laki. Kedalaman lokasi tersebut antara 20 meter hingga 23 meter.

Baca Juga: Posko pencarian pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak didirikan di JICT 2

Sementara itu, posko koordinasi pencarian pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak didirikan di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara. Hal itu disampaikan oleh Humas Basarnas Jakarta, Ramli Prasetio.

“Posko JICT 2. Yang posko (pencarian) Lion Air kemarin,” kata Ramli, saat dikonfirmasi, Sabtu (9/1) malam. Informasi yang dihimpun Kompas.com, Posko JICT 2 merupakan posko utama pencarian pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak.

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB.

Baca Juga: Diduga bagian tubuh manusia ditemukan di lokasi jatuhnya Sriwijaya Air

Baca Juga: Nelayan melihat pesawat jatuh saat hujan deras di sekitar lokasi jatuhnya Sriwijaya A

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×