kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bantuan Bank Mandiri ke Sinabung lewat ponsel


Rabu, 29 Oktober 2014 / 19:39 WIB
Bantuan Bank Mandiri ke Sinabung lewat ponsel
ILUSTRASI. Link Nonton Skip and Loafer Episode 7 Subtitle Indonesia, Cek Sekarang di Bstation


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk menjadi bank penyalur bantuan bagi masyarakat yang menjadi korbank erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Rohan Hafas menyebutkan, penyaluran bantuan kepada ratusan kepala keluarga di Sinabung dilakukan dengan memanfaatkan uang elektronik.
 
Rohan bilang, masyarakat yang menerima bantuan dapat mencairkan bantuannya melalui kantor-kantor Bank Mandiri atau toko-toko ritel dan kantor pos. "Bantuan akan dikirim ke masyarakat korban erupsi melalui rekening yang sama dengan nomor telepon seluler penerima," kata Rohan melalui pernyataan tertulis yang diterima KONTAN, Rabu (29/10).
 
Skema penyaluran dana bantuan ini, kata Rohan, merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia. Selain itu, langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan layanan perbankan non-tunai dalam bertransaksi sehingga menjadi lebih efisien dan efektif. 
 
"Berdasarkan pengalaman pada ujicoba branchless banking tahun lalu, kami optimis konsep ini dapat lebih mendekatkan bank dengan masyarakat. Sehingga tingkat financial inclusion di Indonesia dapat terus meningkat," ujar Rohan.

Sebelumnya, Bank Mandiri telah melakukan ujicoba penyaluran dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), melalui uang elektronik dengan memanfaatkan Agen Layanan Keuangan Digital (LKD) sebagai lembaga pembayar di kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. 

Ujicoba tersebut dilakukan bersama Bank Indonesia, Kementerian Sosial, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Pada penyaluran dana bantuan PKH, penerima akan langsung mendapatkan dana bantuan yang ditransfer oleh bank ke masing-masing nomor handphone penerima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×