Anies pastikan tak ada peresmian rumah tapak DP 0 di Rorotan

Rabu, 28 Februari 2018 | 13:16 WIB Sumber: Kompas.com
Anies pastikan tak ada peresmian rumah tapak DP 0 di Rorotan

ILUSTRASI. Contoh unit rumah DP Nol Rupiah


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rumah tapak DP 0 di Rorotan bukan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Rumah DP 0 yang menjadi program Pemprov DKI baru yang sudah diluncurkan di Pondok Kelapa.

"Anda cek saja program siapa, program Pemprov? Tidak ada, cek saja," ujar Anies di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (28/2).

Rumah tapak DP 0 di Rorotan memang dibangun oleh perusahaan swasta yaitu PT Nusa Kirana. Rumahnya dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektar milik perusahaan itu.

Anies mempersilakan perusahaan swasta manapun untuk menyediakan rumah DP 0. Namun, dia mengingatkan bahwa rumah DP 0 merupakan program Pemprov DKI Jakarta sehingga penyediaannya harus mengikuti aturan Pemprov DKI Jakarta.

"Ada aturannya. Kalau swasta mau selenggarakan silakan saja, kami tidak pernah melarang, tetapi kalau melibatkan Pemprov, maka harus mengikuti dan benar cara payung aturannya, payung hukumnya," ujar Anies.

Dia memastikan tidak ada acara groundbreaking rumah tapak DP 0 di Rorotan hari ini. Anies mengatakan, Pemprov DKI tidak akan meluncurkan sesuatu yang belum matang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya menyebutkan bahwa groundbreaking rumah tapak DP 0 itu akan dilakukan pada 28 Februari ini.  "Tanggal 28 ini insya Allah groundbreaking," kata  Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin lalu.

Lurah Rorotan, Yuyun, pada Jumat pekan lalu juga mengatakan hal yang sama bahwa groundbreaking akan dilakukan pada hari ini dan akan dilakukan oleh Gubernur Anies Baswedan. "Rencananya peletakan batu pertama oleh Pak Gubernur (Anies Baswedan) sekitar 28 Februari," ujar Yuyun saat dihubungi Kompas.com,

Namun, Sandiaga hari ini mengatakan, Pemprov DKI menunda groundbreaking pembangunan rumah tapak di Rorotan itu. Menurut Sandiaga, pihaknya belum mencapai kesepakatan soal harga dan skema pembayaran program tersebut. 

Sementara itu, di lokasi groundbreaking, petugas Marketing Communication PT Nusa Kirana, Ichwan Muslim, mengatakan bahwa acara groundbreaking tetap dilaksanakan sesuai rencana. Pada panggung yang disiapkan, terpampang tulisan berbunyi "Peresmian lokasi pembangunan perumahan DP 0 rupiah Pesona Rorotan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta". (Penulis : Jessi Carina)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Cek Saja Rumah Tapak Rorotan Program Siapa, Program Pemprov? Tidak Ada",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru