Anies: Langkah reklamasi tunggu waktu yang tepat

Senin, 30 Oktober 2017 | 11:54 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Langkah reklamasi tunggu waktu yang tepat


ANIES BASWEDAN - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku masih menunggu waktu yang tepat untuk menjelaskan langkah kebijakan yang akan diambilnya terhadap reklamasi di Teluk Jakarta.

"Kami akan sampaikan langkah reklamasi di waktu yang tepat," ujar dia saat ditanyakan para wartawan di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Senin (30/10).

Tidak melanjutkan reklamasi di Teluk Jakarta merupakan salah satu janji kampanye Anies saat kampanye Pilkada DKI 2017. Saat itu, Anies berjanji akan menghentikan reklamasi jika terpilih sebagai gubernur.

Anies mengaku janji tersebut masih dipegangnya hingga saat ini. Ia juga menyatakan belum ada rencana untuk mengubahnya.

"Kalau soal posisi kita dari kampanye sudah jelas. Enggak ada yang berubah. Langkahnya nanti sesuai DPRD," ujar Anies.

Penghentian proyek reklamasi merupakan satu janji kampanye Anies dan wakilnya, Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Namun di sisi lain, belum lama ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mencabut moratorium izin reklamasi Pulau C, D, dan G di Teluk Jakarta. Artinya, pengembang-pengembang itu dapat kembali melanjutkan aktivitas reklamasi Teluk Jakarta.

Pencabutan moratoriun ditandai dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Nomor S-78-001/02/Menko/Maritim/X/2017 untuk mencabut moratorium reklamasi yang ditetapkan Menko Kemaritiman sebelumnya, Rizal Ramli.

Luhut menegaskan, kewenangan reklamasi Teluk Jakarta berada sepenuhnya di tangan Pemerintah Pusat. Sehingga, tidak ada pihak manapun yang berhak membatalkan pelaksanaannya, termasuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin Anies dan Sandi. (Alsadad Rudi)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Anies : Kami Akan Sampaikan Langkah Reklamasi di Waktu yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru