kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aliansi Wisata Belanda dukung bebas visa Schengen


Kamis, 12 November 2015 / 10:25 WIB
Aliansi Wisata Belanda dukung bebas visa Schengen


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Aliansi pariwisata Belanda Holland Alliance berharap, Pemerintah Belanda dapat mendukung permohonan bebas visa kunjungan singkat ke negara-negara wilayan Schengen. Dengan bebas visa Schengen, Belanda dapat menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan Indonesia ketika berkunjung ke Eropa. 

"Holland Alliance sangat mendukung untuk permohonan bebas visa schengen itu dapat disetujui dan Pemerintah Belanda juga dapat mendukung walaupun belum disetujui sampai sekarang," kata Public Relations Aviareps Indonesia selaku perwakilan Holland Alliance di Indonesia, Alfernia Oktavia saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Rabu (11/11) malam. 

Selain itu dengan diberikannya dukungan Pemerintah Belanda terhadap kebijakan bebas visa, ia berharap turis asal Indonesia bisa tinggal lebih lama di Belanda. Wisatawan nantinya, lanjut Alfernia, bisa mengunjungi kota-kota di Belanda selain Amsterdam seperti Rotterdam, The Hague, Maastricht, dan kota-kota lain di Belanda. Selama ini, Amsterdam menjadi desinasi favorit wisatawan Indonesia. 

"Intinya sih pihak Holland Alliance sangat mendukung kalau permohonan bebas visa schengen buat WNI disetujui. Karena ya pastinya akan menaikan jumlah wisatawan indonesia yang ke Belanda," jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Dewan Eropa mengkaji permintaan kebijakan bebas visa Schengen bagi WNI yang diajukan Pemerintah RI. Menurut Kementerian Luar Negeri, Komisi Eropa sudah memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang diusulkan untuk dikaji oleh Dewan Eropa. Usulan itu diperkirakan akan disampaikan ke Dewan Eropa pada awal 2016. 

"Upaya Pemerintah Indonesia selama ini terus dilakukan, baik melalui masing-masing Negara Eropa maupun melalui Komisi Eropa," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri, Jumat (6/11). 

Visa Schengen saat ini berlaku di 26 negara anggota Uni Eropa. Uni Eropa dalam strategi kebijakan hubungan bilateral barunya telah mengidentifikasi kawasan Asia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya sebagai kawasan dan negara mitra yang akan dimajukan hubungan bilateralnya.

Sementara itu, Holland Alliance adalah kemitraan strategis yang dibentuk oleh empat mitra NBTC Holland Marketing, KLM Royal Dutch Airlines, Amsterdam Airport Schiphol dan Amsterdam Marketing. Aliansi tersebut akan memberikan informasi terkait pariwisata Belanda sebagai kunci utama peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia, (Wahyu Adityo Prodjo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×