kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada CFD, rute demo buruh dialihkan


Jumat, 29 April 2016 / 13:59 WIB
Ada CFD, rute demo buruh dialihkan


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di Jakarta terkait peringatan Hari Buruh atau May Day pada 1 Mei mendatang yang jatuh pada hari Minggu. Pengalihan agar massa buruh tidak memasuki kawasan car free day (CFD) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Pukul 06.00-11.00 WIB masih berlaku car free day. Pengalihan arus di sini, peserta dari peringatan May Day itu tak dibolehkan melalui jalur Sudirman-Thamrin," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin di Mapolda Metro Jaya, Jumat (29/4/2016).

Risyapudin menjelaskan, kendaraan para buruh yang datang dari Tol Cikampek dan Tol Jagorawi akan diarahkan untuk keluar di pintu Tol Tegal Parang. Nantinya, rombongan kendaraan para buruh yang ingin ke IRTI Monas akan diarahkan melewati kawasan Jalan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Peserta yang ingin memperingati May Day yang datang dari arah timur, yaitu Cikampek dan Jagorawi, baik dari Bogor maupun Karawang, kami sepakat keluar di Tegal Parang melalui Kuningan. Kami kawal sampai Tugu Tani-IRTI. Mereka akan berkumpul di sana," kata Risyapudin.

Kendaraan para buruh yang datang dari kawasan Tangerang dan Banten akan diarahkan untuk melintasi jalur Tol Tomang dan dikawal hingga menuju kawasan Monas, Jakarta Pusat. "Apabila datang dari arah barat, Tangerang-Banten itu akan kami pandu dari Tomang-Harmoni-Juanda-Tugu Adipura berlanjut dan seterusnya," katanya.

Risyapudin menuturkan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah titik parkir untuk kendaraan yang mengangkut para buruh. Lokasi-lokasi parkir yang disediakan di antaranya di kawasan Masjdi Istiqlal, Monas, Gambir, Lapangan Banteng, dan Parkir Timur Senayan. "Para buruh bisa parkir di Istiqlal, Lapangan Banteng, Monas IRTI, atau dekat Gambir dan Parkir Timur Senayan," kata dia.

Rencananya, para buruh juga akan berkumpul di Stadion Gelora Bung Karno Senayan. Di lokasi tersebut, akan disediakan hiburan berupa musik untuk para buruh yang memperingati May Day.

Jumlah massa buruh yang akan memperingati May Day diperkirakan 50.600 orang. Selain dari Jakarta, massa buruh tersebut juga akan datang dari Bogor, Bandung, Tangerang, Cirebon, Bekasi, Cilegon, Depok, Subang, Purwakarta, dan Karawang.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sebanyak 16.843 personel gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, Satpol PP, dan dari Dinas Perhubungan disiagakan.

(Akhdi Martin Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×