: WIB    --   
indikator  I  

2018, proyek LRT Cibubur-Bogor mulai dibangun

2018, proyek LRT Cibubur-Bogor mulai dibangun

JAKARTA. Proyek moda transportasi masal Light Rail Transit (LRT) Jabodebek tahap II mulai masuk Feasibility Study (FS). Tahap II ini akan terbagi tiga rute, yakni, Cibubur-Bogor, Palmerah-Senayan dan Palmerah-Grogol.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pihaknya meminta Direktorat Jenderal Perkerteraapian dan PT Adhi Karya Tbk mulai mengkaji rute Cibubur-Bogor.

Luhut menyatakan FS tahap II rute Cibubur-Bogor selesai Desember 2017. Sehingga menurutnya, pada kuartal II tahun 2018 rute Cibubur-Bogor bisa mulai dibangun.

"Kami berharap tahun depan bisa mulai, sehingga Desember tahun 2020 bisa selesai," kata Luhut, Jumat (4/8).

Direktur Operasional PT Adhi KaryaTbk, Pundjung Setya Brata menyatakan, sesuai arahan pemerintah, pihaknya akan menyelesaikan FS rute Cibubur-Bogor dulu. Dia berharap akhir tahun ini selesai studi trasenya.

Tak hany itu, ia berharap studi jenis kontruksi dan beserta biayanya. Ia melihat biaya pembangunan rute Cibubur-Bogor bisa lebih ditekan. Mengingat right of way (ROW) tol masih luas. Sehingga ada potensi rel akan ditaruh di bawah dan mengurangi kolom.

"Jika di bawah, maka pondasinya lebih ringan sehingga total cost construction-nya per kilometer akan lebih murah," kata Pundjung.

 


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Sanny Cicilia

LRT

Feedback   ↑ x
Close [X]