kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun ini, HT dan CT jadi orang terkaya paling muda di Indonesia versi Forbes


Jumat, 09 Maret 2018 / 06:51 WIB
Tahun ini, HT dan CT jadi orang terkaya paling muda di Indonesia versi Forbes
ILUSTRASI. Hary Tanoe


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Majalah Forbes baru-baru ini merilis daftar orang- orang terkaya di dunia untuk tahun 2018. Sejumlah konglomerat Indonesia pun masuk dalam daftar tersebut, yang memuat lebih dari 2.000 orang miliarder dari lebih dari 72 negara.

Hartono Bersaudara, yakni Robert Budi dan Michael Hartono merupakan orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 34,1 miliar. Adapun miliarder tertua Indonesia adalah Harjo Sutanto, 91 tahun, pendiri Wings Group dengan kekayaan mencapai US$ 1,2 miliar.

Indonesia pun memiliki miliarder termuda, yakni Hary Tanoesoedibjo, yang berusia 52 tahun. Kekayaan Hary tercatat sebesar US$ 1,1 miliar atau setara sekitar Rp 15 triliun (kurs Rp 13.700 per dollar AS).

Mengutip Forbes, Jumat (9/3), Hary memulai membangun bisnis media sesaat setelah lulus dari perguruan tinggi. Media Nusantara Citra (MNC) Group, jaringan media yang dimilikinya, mencakup stasiun televisi, radio, surat kabar, hingga media online.

Pada tahun 2016, Hary memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai CEO MNC Group untuk fokus terjun ke politik. Ia mendirikan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) pada tahun 2015.

Sementara itu, Chairul Tanjung yang berusia 55 tahun tercatat memiliki kekayaan US$ 3,5 miliar atau setara sekitar Rp 47,9 triliun. Chairul mendirikan CT Corp, yang bergerak di bidang perbankan, media, ritel, properti, dan perhotelan.

Chairul pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Pada November 2017, CT Corp menandatangani kesepakatan dengan jaringan hotel asal Perancis, AccorHotels, untuk membuka 30 hotel di Indonesia.

Selain CT dan HT, miliarder Indonesia berusia di bawah 60 yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia Forbes adalah Martua Sitorus. Martua yang berusia 58 tahun merupakan pemilik Wilmar International. Dia memilik kekayaan sebesar US$ 1,4 miliar atau sekitara Rp 19,14 triliun. (Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "HT dan CT, Orang Terkaya Paling Muda Indonesia Tahun Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×