kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RI tuan rumah pertemuan keselamatan selat Malaka


Senin, 26 September 2016 / 20:38 WIB
RI tuan rumah pertemuan keselamatan selat Malaka


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah dalam pembahasan peningkatan keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di Selat Malaka dan Selat Singapura. Pembahasan tersebut dilakukan bersama Malaysia dan Singapura pada 26 – 30 September 2016 di Yogyakarta.

Ketiga negara pantai yang tergabung dalam wadah Tripartite Technical Expert Group (TTEG) telah membentuk forum kerjasama Cooperative Mechanism (CM) yang setiap tahunnya menggelar sidang secara bergantian di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hemi Pamuraharjo menjelaskan Selat Malaka dan Selat Singapura adalah salah satu jalur pelayaran yang penting dan strategis di dunia. Jalur tersebut menghubungkan perekonomian negara di sekitarnya dengan seluruh dunia.

“Pertemuan tersebut diharapkan membahas mengenai layanan pemanduan kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura secara serius karena ini berkaitan dengan keselamatan navigasi dan juga diamanatkan dalam IMO Resolution A. 375, yang dikeluarkan oleh International Maritime Organization,” kata Helmi dalam keterangan resmi, Senin (26/9).

Hemi berharap solusi untuk segala isu terkait Selat Malaka dan Selat Singapura dapat diselesaikan dengan baik melalui forum tersebut. Ini diperlukan untuk memastikan Selat tersebut aman, terbuka, dan aman untuk kegiatan pelayaran.

Pada pertemuan tahun ini, acara tersebut akan dilaksanakan secara bersamaan dan berkelanjutan yang dimulai dengan Pertemuan 9th Cooperation Forum pada tanggal 26-27 September 2016, Pertemuan 41st Tripartite Technical Experts Group (TTEG) pada tanggal 28-29 September 2016, dan Pertemuan 9th Project Coordination Committee pada tanggal 30 September 2016.

Pertemuan 9th Cooperation Forum (CF) merupakan pertemuan tingkat tinggi (high-level meeting) yang dihadiri pejabat setingkat Eselon I yang rencananya akan dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihardjo dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Paku Alam X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×