kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringatan Kemenhub terhadap operator keamanan


Rabu, 15 Maret 2017 / 13:16 WIB
Peringatan Kemenhub terhadap operator keamanan


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kementerian Perhubungan mengingatkan setiap operator di bidang penerbangan agar selalu mematuhi dan menjalankan standar dan prosedur operasi keselamatan dan keamanan kerja serta peralatan yang digunakan. Hal ini karena keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan hal yang utama dalam penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan kelamatan dan keamanan penerbangan merupakan hal yang mutlak karena menyangkut nyawa manusia. Pelanggaran dalam hal keselamatan dan keamanan penerbangan bisa mengakibatkan insiden, serius insiden dan kecelakaan.

"Kejadian kecelakaan, insiden dan serius insiden harus dicegah sedini mungkin dengan selalu mematuhi standar dan prosedur operasi keselamatan dan keamanan kerja dan peralatan yang digunakan," ujar Agus dalam keterangan resminya, Rabu (15/3).

Agus menambahkan keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia yang sudah mencapai standar Internasional harus dijaga dan ditingkatkan. Pencapaian tersebut ditandai dengan dinaikkannya standar keselamatan penerbangan Indonesia oleh Otoritas Penerbangan AS (FAA) dari kategori 2 menjadi kategori 1 pada pertengahan tahun 2016 lalu. Selain itu banyak maskapai-maskapai Indonesia yang sudah lolos dari ban dan diperbolehkan terbang ke wilayah Uni Eropa.

Keselamatan dan keamanan penerbangan juga bisa mempengaruhi bisnis penerbangan nasional yang saat ini sudah meningkat. Jika keselamatan dan keamanan penerbangan tinggi, masyarakat tidak takut menggunakan transportasi udara sehingga bisnis penerbangan meningkat.

Pernyataan tersebut disampikan Agus untuk menanggapi kejadian terbakarnya Ground Power Unit (GPU) milik perusahaan groundhandling Gapura Angkasa yang terbakar di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kemarin malam (14/3).

Sebelumnya, Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio melaporkan adanya kejadian kebakaran GPU milik PT. Gapura di parking stand G.39 Apron Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 23.30 WIB. GPU tersebut sedang melayani pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330-300 dengan nomor registrasi PK-GPR.

Pesawat dengan nomor penerbangan GA421 tersebut terbang dari Denpasar dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta pukul 19.24 WIB. Pesawat tidak ada rencana terbang lagi sehingga tidak ada penerbangan yang terlambat (delay).

"Pesawatnya tidak terbakar hanya GPU nya saja yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut," lapor Agoes.

Pesawat sudah ditarik ke hangar untuk detail inspection after heat stress. Laporan sementara pihak Garuda, tidak ada kerusakan di pesawat. Dari visual inspeksi dilaporkan ada stain Hitam bekas Asap pada "fuselage span" kanan dan tidak ada kerusakan lain. Namun demikian pesawat masih akan diperiksa lagi oleh GMF Aero Asia.

Detail laporan akan disampaikan oleh tim Garuda setelah detail inspection dilakukan. Dan tim Garuda sedang melakukan komunikasi dengan tim dari Airbus untuk task inspeksinya.

Adapun kronologis kejadian tersebut diawali pada pukul 23.30 WIB dimana petugas Appron Movement Center (AMC) bernama Hari Utomo melaporkan kepada petugas WR PKP-PK bernama Samman bahwa ada kepulan asap/api di parking stand G.39 Apron T.3. Ternyata diketahui GPU milik PT. Gapura terbakar dan api semakin membesar. Dilakukan reaksi pertama pemadaman dengan menggunakan alat pemadan api ringan (apar).

Kemudian pada 23.31 WIB, petugas PBK T.3 bernama Ahmad S. tiba di lokasi dan menghubungi F.2 (SPK Utama) untuk mengirim 1 unit kendaraan PKP-PK F.I.03 dengan driver bernama Iskandar.

Pada pukul 23.36WIB, F.I.B dioperasikan namun ujung pancaran tak mencapai sumber api. Kemudian, pukul 23.39 WIB kendaraan PKP-PK tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. Pukul 23.42 WIB, api padam total dan pada pukul 23.45 WIB GPU ditarik dengan operator bernama Sugi Hariyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×