kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah siapkan Konsep Indonesia 4.0 untuk antisipasi era digital


Rabu, 23 Mei 2018 / 22:04 WIB
Pemerintah siapkan Konsep Indonesia 4.0 untuk antisipasi era digital
ILUSTRASI. Presiden Jokowi usai buka puasa bersama Partai Golkar


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah mempersiapkan Konsep Indonesia 4.0 untuk mempersiapkan era digital. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan bicara santai dengan komunitas digital di Gedung DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Rabu (23/5) sore.

Menurut Presiden, hal ini merupakan langkah lanjutan dari Revolusi Industri 4.0 yang sudah diluncurkan Pemerintah beberapa waktu lalu. "Ini adalah antisipasi menghadapi masuknya perubahan-perubahan, maka dari itu saya dengan anak-anak muda di komunitas digital memberikan arahan tadi, karena sebetulnya yang paling siap dengan perubahan ini adalah anak-anak muda," ungkap Jokowi, Rabu (23/5).

Adapun untuk lebih lanjut dari Konsep Indonesia 4.0 sendiri diakuinya untuk road map telah disiapkan oleh Kementerian Perindustrian. Menurut Jokowi mau tidak mau pemerintah sudah mulai membuat kebijakan untuk sektor digital.

"Pemerintah harus siap untuk itu, kalau tidak kita akan tertinggal," tegasnya. Apalagi, menurut Presiden sejatinya era digital menawarkan peluang yang sangat besar. Tapi secara bersamaan juga era digital juga merupakan ancaman.

"Kalau kita (pemerintah) siap maka ini tidak menjadi ancaman tapi klo tidak siap era digital adalah suatu bencana," tambah Presiden. Untuk itu, ia mengakui keterlambatan yang dilakukan pemerintah dalam mengatur era digital ini tidak hanya dialami Indonesia tapi juga di negara-negara lain.

Sekadar tahu saja, sore ini Presiden bersama dengan Kementerian Perindustrian Airlangga Hartarto yang sekaligus sebagai Ketua Umum Golkar mengadakan bincang santai dengan para creator digital di tanah air. Adapun yang hadir dalam diskusi santai ini di antaranya Bukalapak, Go-Jek, Facebook, Google dan Apple.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×