kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah bentuk layanan khusus investor kakap


Selasa, 29 Agustus 2017 / 22:57 WIB
Pemerintah bentuk layanan khusus investor kakap


Reporter: Agus Triyono | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Pemerintah akakan mulai membuat terobosan agar investasi bisa mengalir deras. Salah satu terobosan akan dilakukan dengan memberikan pengawalan khusus dengan memberikan prioritas pelayanan dan pengawalan investasi kepada investor kakap, khususnya proyek.

Pengawalan dilakukan karena potensi investasi proyek cukup besar. Data BKPM, 1% dari jumlah proyek nilainya mencapai 70% dari total nilai investasi nasional. Thomas T Lembong, Kepala BKPM mengatakan, untuk mengawal dan memberi prioritas tersebut, pemerintah saat ini sedang merancang sebuah kantor khusus bernama Single Submission.

Dalam kantor khusus tersebut nantinya ada kelompok kerja bersama dari kementerian lembaga yang terkait dengan pelayanan dan pengawalan investasi prioritas.

Kantor khusus tersebut rencananya akan berada di satu tempat. "Mungkin naturalnya antara Kementerian Koordinator Perekonomian dan BKPM dan ini beda dengan PTSP, kalau PTSP pelayanan, ini pengawalan," katanya di Komplek Istana Negara, Selasa (29/8).

Presiden Joko Widodo dalam wawancara khusus dengan KONTAN, Senin (28/8) kemarin mengatakan, Indonesia saat ini memiliki potensi besar untuk mendapatkan banyak investasi. Potensi besar tersebut antara lain didapat setelah Indonesia mendapat predikat sebagai negara layak investasi dari sejumlah lembaga rating dunia.

Namun kata Jokowi, potensi besar tersebut belum dimanfaatkan dengan baik. Peraturan dan proses perijinan investasi yang rumit masih menjadi kendala pemerintahannya untuk mendapatkan potensi besar tersebut. "Memang, prosedur investasi kita dari dulu terkenal panjang dan ruwet," katanya.

Oleh sebab itulah Jokowi bilang, selain membuat terobosan dengan membuat kantor pelayanan investasi khusus dalam beberapa bulan ini pemerintahannya juga akan terus fokus dalam mengobrak- abrik aturan penghambat investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×