kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,50   6,04   0.66%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkeu Sri Mulyani: Pemerintah akan evaluasi program dana desa


Selasa, 17 Juli 2018 / 10:47 WIB
Menkeu Sri Mulyani: Pemerintah akan evaluasi program dana desa
ILUSTRASI. Menkeu Sri Mulyani bersama Dirjen Pajak Robert Pakpahan


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah punya strategi tersendiri untuk menekan disparitas antara masyarakat di pedesaan dan perkotaan, serta menurunkan angka kemiskinan. Salah satunya dengan evaluasi dana desa.

Meteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati Mengatakan, dirinya senang bahwa angka kemiskinan Indonesia saat ini mengalami penurunan yang cukup tajam sejak tahun 2016. Untuk itu, evaluasi program yang selama ini dilakukan oleh pemerintah guna mengurangi kemiskinan akan terus ditingkatkan.
 
“Seperti contohnya pada tahun depan presiden akan menaikan PKH kita, sehingga yang di sebut bottom 40% itu mereka akan bisa mendapatkan. Gini ratio juga akan mengalami perbaikan meskipun kalau kita bagi antara perkotaan dan pedesaan, di pedesaan mengalami kenaikan,” katanya saat di temui di hotel Ritz Carlton, Senin malam (16/7).
 
Pemerintah akan mengevaluasi secara teliti kebijakan ini, karena dengan anggaran dana desa yang terus meningkat tiap tahunnya, pemerintah bertekat untuk menekan disparitas yang terjadi di pedesaan.
 
Desain program dana desa juga ikut dievaluasi, apakah selama ini di pakai untuk membangun infrastruktur pembiayaan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau untuk cash forward. Dengan cara seperti itu, akan terlihat apakah dana desa betul-betul bermanfaat.

Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan menggandeng kementerian lain untuk bekerja bersama melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap program dana desa ini.

“Ini adalah sesuatu yang akan di evaluasi, oleh pak Menteri Desa, Menteri Bappenas, Mendagri dan saya sendiri akan memita kepada tim untuk melihat bagaimana transfer dana desa itu untuk di perabaiki dari sisi kualitas dari tata kelolanya, sehingga bisa memperbaiki tidak hanya kemiskinan tapi juga pengangguran dan ketimpangan,” kata Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×