kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendag cari 120 pasar lagi untuk direvitalisasi


Selasa, 03 Mei 2016 / 13:09 WIB
Mendag cari 120 pasar lagi untuk direvitalisasi


Sumber: Antara | Editor: Sanny Cicilia

PURWOKERTO. Pemerintah menargetkan 1.000 pasar rakyat di berbagai wilayah Indonesia akan direvitalisasi pada tahun 2016. Pemerintah masih mencari pasar-pasar yang akan dibenahi.

"Targetnya sih 1.000 pasar. Sementara ini yang sudah teridentifikasi dan terprogram 880 pasar sehingga mesti cari lagi 120 pasar," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong saat meninjau persiapan peresmian proyek revitalisasi Pasar Manis Purwokerto Tahap I, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (3/5).

Menurut dia, pasar rakyat yang direvitalisasi pada tahun 2015 sebanyak 1.002 pasar dengan anggaran sekitar Rp 1,4 triliun sedangkan anggaran yang disediakan untuk revitalisasi pada tahun 2016 sekitar Rp 1,7 triliun dengan jumlah pasar rakyat yang telah teridentifikasi dan terprogram sebanyak 880 pasar.

Dalam revitalisasi pasar rakyat tersebut, kata dia, pemerintah ingin lebih dari sekadar titiknya saja tetapi juga membenahi tata cara kelola dan mengubah pola pikir pedagang.

"Semoga ada perubahan-perubahan mental dan pembentukan karakter yang baik, budaya perdagangan yang sehat, rukun, dan gotong royong," katanya.

Terkait Pasar Manis Purwokerto yang masuk program Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat, Mendag mengakui hasil revitalisasi Pasar Manis cukup bagus.

"Saya kira Pasar Manis ini salah satu yang lebih bagus, khususnya dari desain, 'layout', dan budaya pedagang. Tadi saya dilapori tim pengelola bahwa di sini rukun sekali, pengambilan keputusan melalui musyawarah sehingga menunjukkan bahwa budaya pedagang sangat bijaksana," tegasnya.

Menurut dia, sentuhan desain seperti kaca-kaca yang berwarna-warni juga mempercantik kondisi Pasar Manis.

Dia mengusulkan agar dilakukan sayembara membuat layang-layang bagi anak-anak sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas yang hasilnya digantung di bagian atas Pasar Manis.

"Jadi, saya kira bagus. Ini baru tahap I dari dua tahap, jadi memang masih banyak pedagang yang belum tertampung, masih berada di pinggiran-pinggiran tapi sudah mulai proses untuk tahap II," katanya.

Ia mengharapkan proyek revitalisasi Pasar Manis Tahap II dapat selesai pada tahun 2017 sehingga nantinya seluruh pedagang dapat tertampung.

Sementara dalam peninjauan tersebut, Mendag berkesempatan keliling ke setiap sudut Pasar Manis yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Rabu (4/5) atau mundur satu hari dari yang direncanakan sebelumnya, yakni Selasa (3/5).

Pembangunan Pasar Manis, Purwokerto, dimulai pada tanggal 30 Juni 2015 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi saat meluncurkan Program Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×