kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maksimalkan FTA, Kemdag luncurkan FTA center


Kamis, 31 Mei 2018 / 16:22 WIB
ILUSTRASI.


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demi meraih dan memaksimalkan manfaat perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) bagi perekonomian Indonesia, Kementerian Perdagangan tengah mempersiapkan konsultan atau tenaga ahli untuk menjalankan kantor-kantor pusat informasi perdagangan di FTA Center Kemdag.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemdag Iman Pambagyo mengatakan, FTA Center Kemdag merupakan pusat informasi bagi masyarakat agar dapat memanfaatkan FTA atau perjanjian perdagangan bebas dengan optimal.

Selain itu, dalam FTA Center tersebut memberikan layanan konsultasi, edukasi, dan advokasi kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha, yang ingin mempersiapkan diri di era perdagangan bebas.

“FTA Center Kemdag ini sangat diperlukan agar semua pihak bisa mengikuti informasi dan perkembangan terbaru tentang perjanjian-perjanjian perdagangan bebas yang melibatkan Indonesia,” ujar Iman di gedung Kementerian Perdagangan Kamis (31/5).

lman melanjutkan, salah satu kunci keberhasilan implementansi perjanjian perdagangan bebas adalah jika seluruh masyarakat mengetahui secara benar mengenai FTA, manfaatnya, dan cara memanfaatkannya.

Menurutnya, pengalaman mengajarkan bahwa sistem manajemen yang paling efektif di Indonesia adalah management by walking around.

“Para tenaga ahli/konsultan FTA Center Kemdag diharapkan dapat benar-benar turun Iangsung ke lapangan, berdialog, dan mendengarkan, sehingga dapat mengidentifikasikan permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha seakurat dan sedetail mungkin," jelas Iman.

FTA Center Kemdag dijalankan melalui kerja sama swakelola antara Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemdag dan beberapa universitas negeri, baik di Jakarta maupun di daerah. FTA Center juga melibatkan dinas perindustrian dan perdagangan tingkat provinsi.

FTA Center Kemdag akan memiliki tiga orang tenaga ahli/konsultan yang memiliki keahlian di bidang implementasi hasil perjanjian perdagangan internasional, akses pembiayaan dan prosedur ekspor, serta strategi promosi dan pemasaran.

Kegiatan Pembekalan tenaga ahli/konsultan FTA Center Kemdag dilaksanakan selama dua hari pada 30-31 Mei 2018 di Kantor Kementerian Perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×