kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LRT Jakarta dan Palembang untuk Asian Games bisa beroperasi Juli 2018


Selasa, 29 Mei 2018 / 13:59 WIB
LRT Jakarta dan Palembang untuk Asian Games bisa beroperasi Juli 2018
ILUSTRASI. LRT PALEMBANG


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah pusat dan daerah terus mengejar proyek yang akan digunakan untuk pergelaran Asian Games 2018, Agustus mendatang. Salah satunya adalah proyek Light Rail Transit (LRT) di Jakarta dan Palembang yang ditargetkan bisa dioperasikan pada Juli nanti.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk LRT di Palembang, proyek ini telah melalui tes dinamis. Sehingga bisa dipastikan LRT bisa mulai beroperasi pada 15 Juli 2018.

"Setelah melakukan tes dinamis dan rapat tadi, ditargetkan pengoperasian LRT Palembang akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2018," jelasnya saat ditemui di Kompleks Istana Negara, Senin (28/5).

Untuk itu, dirinya akan mengumpulkan seluruh kontraktor segera untuk membahas kesiapan pengoperasian LRT di Palembang. Adapun satu hal yang menjadi perhatian Menhub ke depan pada LRT ini yakni konsep transportasi antarmoda dapat berjalan baik sehingga memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

Bahkan pihaknya sudah berkoordinasi kepada pihak terkait untuk mendukung proyek ini. "Kami sudah berdiskusi berkaitan dengan Trans Musi, kita juga akan ada penggunaan Bus Air sehingga angkutan antarmoda di mana LRT menjadi transportasi utama didukung oleh angkutan lain sebagai feeder,"tambahnya.

Sebagai informasi, konstruksi LRT di kota Palembang ini digarap oleh PT Waskita Karya Tbk, untuk persinyalan dikerjakan oleh PT LEN, pengoperasian akan dilakukan PT Kereta Api Indonesia dan rangkaian kereta merupakan produksi dari PT INKA.

Sementara itu, untuk LRT Jakarta Velodorme-Kelapa Gading, Budi bilang, pihaknya masih perlu meninjaunya kembali. Pasalnya, saat ini progres proyek masih mencapai 70%, padahal pargelaran Asian Games tinggal beberapa bulan lagi.

Untuk itu, Kemenhub sendiri akan memanggil kontraktor PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk membahas lebih lanjut soal ini. "Ada masalah teknis seperti infrastruktur dan rel, tapi untuk memastikan saya akan panggil Jakpro nanti, karena sulit meningkatkan progres dari 70% menjadi 90%," jelas Budi.

Namun begitu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, memang proyek LRT Velodrome memang sempat terlambat lantaran curah hujan di Maret 2018. Tapi, dirinya optimistis proyek akan selesai pada Juli nanti. "Pokoknya sudah bisa digunakan sebelum Asian Games," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×