kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kutuk teror di London, Jokowi serukan kerjasama


Kamis, 23 Maret 2017 / 13:32 WIB
Kutuk teror di London, Jokowi serukan kerjasama


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Indonesia mengutuk keras aksi teror di Gedung Parlemen, London, Inggris, Rabu (22/3/2017) waktu setempat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya kepada para korban. Indonesia bersimpati kepada rakyat Inggris.

"Indonesia mengutuk keras tindakan terorisme dalam segala bentuk serta segala manifestasinya," ujar Jokowi di Ruang Tunggu Utama Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, Kamis (23/3/2017).

Presiden Jokowi mengajak negara-negara bersatu untuk memerangi terorisme yang kian hari kian mengancam. "Indonesia kembali menyerukan soal kerja sama besar-besaran antarnegara dalam memerangi terorisme," ujar dia.

Berdasarkan informasi yang diterima, Jokowi meyakinkan tak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban. Namun, Jokowi telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi agar KBRI London mengimbau WNI mengikuti anjuran dari kepolisian Inggris soal menghindari sejumlah kawasan di Kota London demi keamanan.

Diberitakan, seorang pria melakukan serangan di kawasan Gedung Parlemen Inggris atau yang populer disebut Menara Big Ben. Menggunakan sebuah mobil, pelaku naik ke trotoar dengan kecepatan tinggi dan menabrak siapapun yang ada di depannya.

Beberapa pejalan kaki terlindas mobil. Beberapa lainnya terpental hingga jatuh ke sungai Thames.

Tidak hanya itu, saat keluar dari mobil, pelaku menghunus sebilah pisau ke orang di sekitarnya kemudian berlari menerobos gerbang menuju New Palace Yard.

Di sana, pelaku juga menikam seorang polisi beberapa kali sebelum seorang polisi lain yang mengenakan pakaian preman melesakkan timah panas tepat di bagian dada sebanyak tiga kali.

Otoritas setempat menyebut, aksi itu menyebabkan empat orang tewas dan 40 lainnya terluka. Korban tewas terdiri dari tiga orang warga sipil dan seorang polisi yang ditikam oleh pelaku.

(Fabian Januarius Kuwado)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×