kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KJRI Sydney uji coba sistem keimigrasian online


Senin, 17 Juli 2017 / 11:51 WIB
KJRI Sydney uji coba sistem keimigrasian online


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Dupla Kartini

NEWCASTLE. KJRI Sydney melakukan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian secara jemput bola bagi warga negara Indonesia (WNI) di Newcastle dan sekitarnya. Pelayanan ini hasil kerja sama dengan Indonesian Australian Community wilayah Newcastle dan Hunter Region, Negara Bagian New South Wales (NSW),

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri RI, Senin (17/7), kegiatan pelayanan tersebut merupakan bagian dari program reguler KJRI Sydney bagi WNI yang tinggal jauh dari Kota Sydney, maupun yang berdomisili di Queensland serta South Australia. Tak hanya itu, pelayanan tersebut juga sekaligus merupakan kesempatan KJRI Sydney menguji coba Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) mobile dalam melayani aplikasi paspor bagi warga.

Pada awal Juni 2017, seluruh Perwakilan RI di Australia, sesuai amanat Undang-Undang Keimigrasian RI, telah menerapkan SIMKIM dalam pelayanan paspor dan visa. SIMKIM mengharuskan warga untuk datang langsung ke KJRI untuk membuat paspor.

Di satu sisi, wilayah kerja KJRI Sydney yang mencakup tiga  negara bagian, yaitu NSW, Queensland, dan Australia Selatan menjadi tantangan tersendiri dalam melayani warga. Namun, tantangan tersebut dapat diatasi dengan adanya alat SIMKIM mobile.

Bagi warga, terobosan pelayanan SIMKIM dan pelayanan kekonsuleran jemput bola yang dilakukan KJRI ini sangat bermanfaat dan memudahkan karena mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke Sydney.

Seorang warga mengungkapkan kegembiraannya karena dengan kehadiran tim KJRI ini, ia langsung dapat mengajukan pembuatan paspor, tanpa harus melakukan perjalanan lebih dari dua jam dari Newcastle ke Sydney. Sementara beberapa warga lain yang meminta pelayanan kekonsuleran menyatakan bersyukur karena tidak perlu jauh-jauh datang ke Sydney.

Melalui kegiatan pelayanan ini, SIMKIM mobile telah teruji dapat melayani kebutuhan WNI yang berdomisili jauh dari kota Sydney, maupun di negara bagian Queensland dan Australia Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×