kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua timses Jokowi akan diumumkan setelah presiden kembali dari NTB


Senin, 13 Agustus 2018 / 17:49 WIB
Ketua timses Jokowi akan diumumkan setelah presiden kembali dari NTB
ILUSTRASI. Pasangan capres Jokowi-Maruf Amin tiba di RSPAD untuk cek kesehatan


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Politisi PDI Perjuangan Pramono Anung memastikan ketua tim sukses atau tim pemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019 akan diumumkan setelah Jokowi pulang dari peninjauan dampak gempa Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB). 

"Untuk ketua tim pemenangan, Presiden akan segera memutuskannya setelah kembali dari Lombok, NTB. Hari ini kan Presiden berangkat ke Lombok," ujar Pramono saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Senin (13/8). 

Rencananya, Presiden Jokowi akan menginap satu malam di NTB. Ia beserta rombongan tiba di Jakarta pada Selasa (14/8). 

Pramono enggan menjelaskan lebih lanjut tentang siapa yang akan dipercaya menjadi ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf.  "Pokoknya nanti diumumkan Pak Jokowi setelah kembali dari Lombok," ujar dia. 

Saat ditanya kemungkinan Jusuf Kalla menjadi ketua tim sukses, Pramono mengakui bahwa sebagian besar partai politik Koalisi Indonesia Kerja memang mengusulkan nama Jusuf Kalla. 

Namun, faktor jabatan bahwa Jusuf Kalla adalah Wakil Presiden RI menjadi salah satu pertimbangan. Sebab, saat Jokowi cuti dari jabatan presiden, maka tampuk kepemimpinan otomatis dipegang oleh Jusuf Kalla. 

Dinilai kurang etis apabila di satu sisi Kalla menjabat sebagai pengganti presiden, namun di sisi lain, ia menjadi ketua tim sukses Jokowi. 

"Tetapi dengan posisi Pak JK sekarang ini, apakah jadinya Pak JK sebagai ketua pelaksana, atau ketua dewan pengarah, nanti diputuskan oleh Presiden sekembalinya dari Lombok," ujar Pramono. 

Demikian juga ketika ditanya apakah nama Mahfud MD dan Gubernur NTB Zainul Madji (Tuan Guru Bajang) masuk ke dalam struktur tim sukses Jokowi-Ma'ruf, Pramono mengatakan, kedua nama itu masuk dalam radar. Namun, belum diputuskan akan ditempatkan di mana. 

"Nama-nama yang memberikan dukungan kepada Pak Jokowi tentunya akan diakomodasi. Tapi sampai hari ini, nama-nama untuk dewan pengarah, ketua dewan pembina, sedang difinalisasi," ujar Pramono. 

Diberitakan, rapat koordinasi sembilan orang sekretaris jenderal partai koalisi pendukung pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/8), sudah merampungkan struktur tim pemenangannya. 

Posisi wakil ketua tim kampanye dijabat oleh Sekjen Partai Golkar Lodewijk Paulus. Posisi Lodewick akan dibantu Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, dan Sekjen Partai Hanura Herry Lontung. 

Sementara, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan, dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni, akan bertindak sebagai wakil sekretaris tim kampanye pemenangan. Adapun, posisi sekretaris tim dipegang oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sendiri. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: Jokowi Umumkan Ketua Timses Setelah Pulang dari NTB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×