kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerumuman massa 212 belum terlihat


Selasa, 21 Februari 2017 / 05:33 WIB
Kerumuman massa 212 belum terlihat


Sumber: Antara | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Kerumunan massa tidak terlihat di sejumlah masjid seperti di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dan Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Selasa (21/2) dini hari menjelang shalat subuh, terkait dengan rencana unjuk rasa damai Aksi 212 Jilid II.

Kondisi tersebut juga diperkirakan juga merupakan dampak dari hujan lebat yang telah melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak sekitar pukul 03.00 WIB, yang mengakibatkan sejumlah ruas jalan dikepung genangan, demikian pantauan Antara Selasa subuh.

Hal tersebut berbeda dengan pelaksanaan aksi massa sebelumnya seperti pada pelaksanaan unjuk rasa damai terdahulu misalnya yang terjadi pada bulan Desember 2016 dan Januari 2017.

Sementara pengamanan sudah mulai terlihat sejak dinihari, baik di Bundaran Hotel Indonesia, Gedung MPR-DPR-DPD, serta sekitar area Jembatan Semanggi, baik dari aparat kepolisian maupun TNI.

Sebelumnya, Koordinator Aksi 212 Jilid II Bernard Abdul Jabbar di Polda Metro Jaya, Senin (20/2) menyatakan, skenario pihaknya adalah tidak ada "long march" sehingga seluruh peserta aksi diimbau untuk dapat hadir langsung menuju ke Gedung MPR-DPR-DPD tersebut.

Menurut dia, jumlah peserta yang diperkirakan bakal hadir adalah sekitar 10 ribu orang yang berasal dari berbagai daerah, serta sejumlah tokoh ormas Islam seperti Forum Umat Islam (FUI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), dan Front Pembela Islam (FPI).

Bernard juga meyakinkan massa akan menyampaikan aspirasi di muka umum hingga pukul 18.00 WIB sesuai Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum.

Massa Aksi 212 Jilid II akan menyampaikan tuntutan pemberhentian sementara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok lantaran berstatus terdakwa penodaan agama.

Selain itu, pendemo juga meminta polisi tidak memproses hukum para ustad yang terseret kasus seperti Rizieq Syihab dan Munarman.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×