kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemperin: Santripreneur wujudkan ekonomi syariah


Sabtu, 11 November 2017 / 21:38 WIB
Kemperin: Santripreneur wujudkan ekonomi syariah


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemperin) berkomitmen terus melaksanakan proyek percontohan dalam program Santripreneur untuk mewujudkan kemandirian industri nasional yang berbasis ekonomi syariah.

Santripreneur adalah program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) di lingkungan pondok pesantren.

“Dalam kurun waktu tahun 2013-2015, Direktorat Jenderal IKM telah membina beberapa pondok pesantren dengan pelatihan tematik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi unit industri yang ada di pondok pesantren,” kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih, Sabtu (11/11).

Berdasarkan data Kementerian Agama, pada 2014, terdapat 27.290 pondok pesantren di Indonesia dengan jumlah santri mencapai 3,65 juta orang. Ini menjadi potensi bagi penumbuhan wirausaha baru dan sektor IKM di Tanah Air.

“Dalam implementasinya, kami memiliki dua model untuk mencapai sasaran tersebut, yaitu Santri Berindustri dan Pesantren Berkreasi,” jelas Gati.

Model Santri Berindustri fokus pada pengembangan unit industri yang telah ada dan sumber daya manusia di lingkungan pondok pesantren yang terdiri dari santri dan alumni santri.

Sedangkan, Santri Berkreasi merupakan kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan potensi kreatif para santri maupun alumni yang terpilih dari beberapa pondok pesantren untuk menjadi seorang profesional di bidang seni visual, animasi dan multimedia sesuai standar industri saat ini.

“Program pilot project Santripreneur yang telah berjalan, misalnya di Pondok Pesantren Sunan Drajat, yaitu program bimbingan teknis pengolahan ikan dan bantuan peralatan, serta bimbingan teknis pembuatan alas kaki,” papar Gati. Program selanjutnya yang akan dilakukan adalah bimbingan teknis pembuatan lampu LED dan revitalisasi industri garam.

Untuk menyukseskan program Santripreneur ini, Gati menyampaikan, Bank Indonesia (BI) turut andil memfasilitasi inkubator bisnis syariah mengenai keuangan mikro syariah dan nonkeuangan seperti agribisnis serta perdagangan dan jasa. “Inkubator bisnis syariah bertujuan untuk mendorong pengembangan ekonomi syariah melalui pemberdayaan ekonomi pesantren,” tuturnya.

Beberapa program yang diberikan, antara lain pelatihan motivasi usaha dan penyusunan bisnis plan, pelatihan rapid rural appraisal (RRA), penyusunan feasibility study (FS), pelatihan strategi marketing, serta pelatihan hukum bisnis, fiqih mualah dan akad perbankan syariah.

Bekerja sama dengan BI, Kemperin ikut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2017 di Surabaya, dengan mengisi delapan stan yang terdiri dari peserta IKM komoditas pangan, klinik kemasan dan merek, serta stan Hak Kekayaan Intelektual. Dalam acara ini, para peserta Santripreneur diberikan fasilitasi uji coba pasar (promosi) oleh BI, termasuk Pondok Pesantren Sunan Drajat.

ISEF merupakan salah satu acara ekonomi dan keuangan syariah terbesar dan terdepan di Indonesia dengan mengintegrasikan pengembangan sektor keuangan dengan perekonomian sektor riil. ISEF turut mengundang 80 pimpinan dari perwakilan pondok pesantren besar seluruh Indonesia dan para penggiat ekonomi syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×