kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemnaker susun roadmap SDM


Rabu, 21 Februari 2018 / 16:08 WIB
Kemnaker susun roadmap SDM
ILUSTRASI. Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyusun roadmap sumber daya manusia sebagai rencana kerja pemerintah di 2019.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri terdapat tiga poin yang patut dititikberatkan dalam roadmap ini. Ketiganya yakni kualitas, kuantitas, dan persebaran yang dianggap memiliki peran penting sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung percepatan investasi di Indonesia.

“Satu soal kualitas yang intinya adalah demand driven, sesuai dengan kebutuhan pasar. Kedua adalah kuantitas, jumlah harus memadai. Ketiga adalah persebaran,” katanya di Istana Negara Kemarin, Selasa (20/2).

Menurutnya, persebaran SDM juga harus mendapatkan perhatian karena ketersediaannya cukup relatif bergantung pada wilayahnya.

Hanif mencontohkan tingkat ketersediaan SDM yang berkualitas cukup banyak di Jakarta, sedangkan di daerah lainnya bisa menunjukkan keadaan yang berbeda.

Kualitas, kuantitas, dan persebaran dinilainya harus menjadi isu penting untuk dibahas di lintas kementerian sehingga bisa menjadi bahan untuk memperkaya penyusunan draft roadmap SDM.

Dalam hal ini, pihaknya menargetkan mampu menggelar pelatihan vokasi bagi 40.000 tenaga kerja yang didukung oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia, Kamar Dagang dan Industri, serta industri terkait.

Untuk mencapai target ini, Hanif menyebutkan Kemenaker harus menyiapkan setidaknya 8.000 mentor dari kalangan industri.

Sebelumnya, Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menginisiasi penyusunan road map pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

Inisiasi ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menegaskan bahwa fokus Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita memang belum memiliki Road Map Pembangunan SDM yang menyeluruh dan berjangka panjang. Selama ini Road Map Pembangunan SDM hanya dimiliki masing-masing Kementerian/ Lembaga (K/ L) dan bersifat sektoral,” ujar Menko PMK Puan Maharani.

Penyusunan Roadmap Pembangunan SDM Indonesia dinilainya harus dikerjakan bersama-sama. Roadmap Pembangunan SDM akan mencakup prioritas industri nasional yang akan dikembangkan antara lain kebutuhan SDM, kualifikasi/kompetensi SDM, dan tahapan pemenuhan serta pembiayaan.

Lebih lanjut Puan menjelaskan pemerintah harus menyiapkan SDM yang kompetitif guna menghadapi persaingan yang makin keras di tengah Revolusi Industri 4.0. Perkembangan teknologi informasi akan berdampak pada tumbuhnya ekonomi digital dan e-commerce. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×