kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,23   6,87   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kartunis GM Sudarta tutup usia


Sabtu, 30 Juni 2018 / 13:37 WIB
Kartunis GM Sudarta tutup usia
ILUSTRASI.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kartunis senior harian Kompas GM Sudarta meninggal dunia pada Sabtu (30/6) pukul 08.25 WIB. GM Sudarta meninggal di usia 73 tahun. 

GM Sudarta adalah pencipta karakter kartun Oom Pasikom yang rutin menghiasi harian Kompas. Informasi ini disampaikan pihak harian Kompas melalui akun Twitter resmi @hariankompas. 

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo sebelumnya telah mengonfirmasi meninggalnya GM Sudarta ini. "Telah berpulang ke rumah Bapa, Bapak GM Sudarta, kartunis Kompas, pencipta tokoh Om Pasikom, hari Sabtu (30/6) pukul 08.25 WIB. Jenazah dibawa ke Rumah Duka Sinar Kasih, Batu Tulis, Bogor," demikian informasi yang disampaikan redaksi Kompas.  

GM Sudarta telah menghasilkan ribuan karya. Lewat Oom Pasikom, GM Sudarta mengemas isu-isu aktual yang terjadi di Tanah Air maupun mancanegara. Secara memikat, ia mampu melontarkan celetukan-celetukan cerdas bahkan sering kali mengejutkan.

Meski gambar kartunnya berisi kritik, tetapi tetap membuat penikmatnya tersenyum. Kemampuannya di bidang karikatur membawa Sudarta berulang kali dia menerima penghargaan. 

Pada 2010, GM Sudarta dikabarkan sakit. Karikaturis asal Klaten itu menjalani operasi tulang pada kakinya setelah jatuh dari kamar mandi. 

Selain patah tulang kaki, pada tahun itu, Sudarta dikabarkan mengidap penyakit kronis yang menggerogoti tubuhnya, yakni hepatitis C. Beberapa waktu belakangan GM Sudarta rutin melakukan cuci darah atas penyakit yang dideritanya.  

Direktur Bentara Budaya Jakarta yang juga sahabat GM Sudarta, Frans Sartono, mengatakan bahwa jenazah GM Sudarta dalam perjalanan menuju rumah duka. "Rencananya akan dikremasi, tetapi harinya belum ditentukan. Terakhir tadi sedang dalam perjalanan dari Cisarua ke Rumah Duka Sinar Kasih, Batu Tulis, Bogor," ujar Frans saat dikonfirmasi Kompas.com. (David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jenazah Kartunis GM Sudarta Disemayamkan di Rumah Duka Sinar Kasih Bogor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×