kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi kirim sapi seberat 1 ton bagi warga Kupang


Jumat, 01 September 2017 / 16:12 WIB
Jokowi kirim sapi seberat 1 ton bagi warga Kupang


Sumber: Kompas.com | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi berbobot 1 ton kepada warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sumbangan sapi berukuran jumbo itu diserahkan Wakil Gubernur NTT Benny Alexander Litelnoni kepada pengurus Masjid Al Fattah Kelurahan Solor Kecamatan Kota Lama Kota Kupang, Haji Idrus Lamaya, di halaman Masjid Al Fattah, Kupang, Jumat (1/9).

Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni mengatakan, sumbangan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah merupakan bentuk rasa syukur atas hari yang bersejarah dan hari kemenangan bagi umat Muslim, sehingga pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memberikan apresiasi serta dukungan kepada Muslim yang merayakannya.

“Sapi berukuran besar ini dikirim oleh Pak Jokowi dari Bandung, Jawa Barat, khusus untuk warga Kota Kupang dan lebih khususnya Masjid Al Fattah,” kata Litelnoni.

Menurut Litelnoni, pemerintah Provinsi NTT memberikan apresiasi atas kebersamaan dan solidaritas yang tinggi dalam menciptakan keamanan serta ketertiban masyarakat demi suksesnya pembangunan di daerah itu. "Kiranya lewat sumbangan ini jangan dilihat dari besar kecilnya, tetapi merupakan suatu bentuk partisipasi yang memiliki makna untuk senantiasa tetap menjaga persatuan dan kesatuan di antara kita," katanya.

Imam Masjid Al Fattah, H Idrus Lamaya mengatakan, pihak masjid berterima kasih atas sumbangan sapi dari Presiden, Gubernur, serta Wakil Gubernur NTT. "Atas nama umat, kami sampaikan banyak terima kasih atas sumbangan hewan kurban semoga Yang Maha Kuasa memberikan pahala setimpalnya," ujar Imam.

Adapun hewan kurban yang disembelih di 60 masjid di Kota Kupang pada Idul Adha tahun ini mencapai 490 ekor sapi dan 1.425 ekor kambing.

Terkait pemotongan hewan kurban ini, puluhan dokter hewan dan calon dokter hewan dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang memeriksa kesehatan hewan yang akan dikurbankan. Rektor Undana Kupang Fredrik L Benu mengatakan, pihaknya sudah melepas sekitar 50 dokter hewan, calon dokter hewan, serta mahasiswa kedokteran hewan ke 60 masjid.

Menurut Fredrik, hal itu sebagai bentuk kepedulian dari Undana yang berpartisipasi aktif dalam perayaan Idul Adha tahun ini. Selain itu, pihak Undana menyerahkan bantuan hewan kurban ke sejumlah masjid.

"Hari ini secara simbolis kami serahkan sapi di Masjid Al Ikhlas Bonipoi Kupang. Kami merasa bahwa Undana tidak cukup saja seperti menara gading, yang hanya mengejar ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga harus membangun hubungan sosial dengan masyarakat," ujar Fredrik. (Sigiranus Marutho Bere)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Jokowi Sumbang Sapi Seberat 1 Ton untuk Warga Kupang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×