kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga stabilisasi harga, Kemdag perkuat SIPD


Rabu, 22 Februari 2017 / 21:35 WIB
Jaga stabilisasi harga, Kemdag perkuat SIPD


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemdag) akan memperkuat sistem teknologi informasi (TI). Hal tersebut dilakukan guna menjaga stabilisasi harga bahan pokok dan bahan penting.

“Yang paling penting dalam pengendalian harga adalah membangun Sistem Informasi Perdagangan Dalam Negeri (SIPD) yang terhubung dari pusat ke daerah,” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai menutup raker Kemdag, Rabu (22/2).

Menurutnya, sistem informasi tersebut akan menyediakan data mengenai pasokan dan permintaan dan harga 29 komoditas pangan secara real time dari pusat pengendali di Kemdag hingga sentra-sentra produksi dan konsumsi di tingkat desa.

Sistem informasi ini, kata dia, harus bisa memberikan kondisi stok dan harga barang secara riil dan proyeksi ke depan sehingga dapat menjadi alat akurat untuk menentukan kebijakan harga. Termasuk penetapan harga patokan, serta waktu dan jadwal untuk impor.

Menurut enggar, dengan terkendalinya harga, nantinya akan tercermin pada tingkat inflasi, stabilitas ekonomi, daya beli rumah tangga, dan daya saing usaha. Sebab jika inflasi yang tinggi akan membuat struktur biaya yang tidak kompetitif, suku bunga perbankan yang naik, dan mengurangi kepercayaan investor.

Untuk itu, Kemendag telah menyusun rencana aksi untuk memperkuat sinergi kebijakan perdagangan antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk dalam memperkuat peran Tim Pengendali Inflasi daerah (TPID) untuk mengendalikan inflasi dengan melakukan langkah-langkah konkret.

Kelancaran distribusi barang dan stabilitas harga bahan pokok juga harus didukung oleh pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat.  Pada 2017, akan direvitalisasi pasar rakyat sebanyak 1.003 pasar dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan Dana Tugas Perbantuan.

Inovasi dalam pembangunan pasar rakyat dengan desain standar sudah disiapkan, lengkap dengan detail engineering design (DED) dan standard operating procedure (SOP) untuk pengelola pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×