kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi penyelenggara Europali, Indonesia unjuk gigi


Jumat, 15 September 2017 / 21:06 WIB
Jadi penyelenggara Europali, Indonesia unjuk gigi


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Indonesia merupakan negara yang kaya akan seni dan budaya. Warisan seni dan budaya ini membentang dari Sabang hingga Merauke dan juga dari Mianggas hingga Pulau Rote. Beragamnya seni dan budaya sudah menjadi ciri khas Indonesia sekaligus menjadi sebuah daya tarik bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun wisatawan mancanegara.

Pemerintah Indonesia menyadari akan tingginya potensi di bidang seni dan budaya. Melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Indonesia dipastikan akan menyelenggarakan Festival Seni dan Budaya Europalia yang akan dilaksanakan di Brussel, Belgia 10 Oktober 2017.

Penyelenggaraan ini merupakan sebuah jawaban atas keinginan Presiden Joko Widodo untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia sekaligus menjadikan salah satu sektor yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.

Berkontribusi sebagai penyelenggara festival seni dan budaya yang bersejarah ini, Menko Puan menyampaikan harapannya khususnya terkait dengan kontribusi terhadap sektor pariwisata, kebudayaan, dan ekonomi.

"Karenanya, selain festival ini menjadi ajang seni dan budaya kita, saya berharap ada return yang memadai dari sisi pariwisata, sisi kebudayaan, dan sisi ekonomi” ujar Puan dalam keterangan pers, Jumat (15/9).

Selanjutnya, Puan juga menjelaskan bahwa kapasitas Indonesia sebagai penyelenggara Festival Seni dan Budaya Europalia didorong oleh reputasi dan daya tarik festival yang cukup kuat untuk memperkenalkan seni dan budaya yang dimiliki Indonesia.

Penyelenggaraan Festival Europalia yang baik dan sempurna akan semakin meningkatkan nama baik Indonesia di dunia Internasional. Hal inilah yang menjadi perhatian dari Menko Puan.

"Perhatikan makanannya, kesehatannya, asuransinya, dan jangan lupa uang sakunya. Jangan sampai konsentrasi terganggu karena uang saku. Jangan anggap itu perkara remeh. Memang pesannya ibu-ibu banget ya, tapi jangan sampai pengalaman pahit dengan atlet-atlet kita di SEA Games terulang," ujar Puan.

Festival Europalia merupakan ajang penting untuk mempromosikan seni dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan festival ini akan membuat seni dan budaya Indonesia semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Dengan demikian, maka kontribusi bidang seni dan budaya terhadap pendapatan negara dapat terwujud dan selanjutnya, Indonesia akan semakin dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman seni dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×