kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,16   -5,20   -0.56%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor wait and see, BKPM: Pemerintah berbenah di tahun politik


Kamis, 08 Februari 2018 / 17:17 WIB
Investor wait and see, BKPM: Pemerintah berbenah di tahun politik
ILUSTRASI. Gedung Dan Kantor BKPM


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan agar investor tidak perlu takut dengan momentum tahun politik di Indonesia. Sebab, momen ini bakal dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memperbaiki birokrasi.

“Performa investasi yang baik di tahun 2017 pastinya menunjukkan optimisme juga. Investor mungkin melihat tahun politik untuk wait and see, tetapi tahun politik akan menjadi kesempatan untuk memberikan semangat baru untuk berikan fasilitas investasi yang lebih baik ke depannya,” kata Deputi bidang Iklim Investasi BKPM Farah Ratnadewi Indriani di hadapan investor Eropa di Gedung BKPM, Kamis (8/2).

Farah mengatakan, investor Eropa sendiri berkontribusi mencapai 10% dari total investasi asing di Indonesia. Bahkan, pada tahun lalu investasi Eropa di Indonesia mencapai US$ 3,2 miliar.

Capaian pada tahun lalu itu naik 20% dari realisasi investasi Eropa tahun 2016. Ia menambahkan, Belanda dan Inggris menjadi negara yang menyumbang kontribusi terbesar. Belanda 47% dari total investasi Eropa sedangkan Inggris 24% dari total.

"Tren bagus ini tidak hanya diperlihatkan oleh negara mainstream tapi juga negara Polandia dan Denmark. Investasi yang disumbangkan oleh Eropa membantu Indonesia dalam membuka lapangan kerja di Indonesia," katanya.

Menurut Farah, investor dari Eropa sendiri telah menikmati hasil dari pertumbuhan populasi muda di Indonesia dan kelas menengah yang menunjukkan keterampilan kerja yang baik dan juga konsumsi yang besar.

Oleh karena itu, ia mengatakan, pemerintah akan lebih meningkatkan pelayanan di tengah ketidakpastian dunia, “Pemerintah selalu ada untuk membuat lingkungan bisnis yang kondusif,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×